Jadi Konselor Efektif

Jadi Konselor Efektif

\"PaulinaSekolah dapat membantu siswa dalam hal menemukan jalan mengenai jati dirinya sendiri dan membuat pilihan yang baik dalam pembelajaran. Untuk mencapai hal itu peran konselor (Guru Bimbingan Konseling) di sekolah harus mampu berkomunikasi dan mendengarkan secara efektif. Tentunya Guru BK dan siswa membutuhkan kombinasi unik dari kemampuan pembinaan dan kasih sayang terhadap anak murid.

Dikatakan Paulina S.Pd Guru Bimbingan Konseling (konselor) SMAN 1 Talang Empat mengatakan,\'\'Banyak konselor tidak bekerja secara profesional, harusnya konselor fleksibel dan siap untuk apa saja. Pekerjaan memang menuntut, tetapi membantu kaum muda dalam kehidupan salah satu hal yang paling bermanfaat. “Konselor perlu membaca situasi dan kondisi siswa di sekolah masing -masing,” ujarnya.

Wanita ini menambahkan, konselor sekolah harus mampu bekerja dengan semua jenis orang dalam semua pengaturan. Sangat penting memberi kenyamanan pada siswa dalam berbagai situasi. Guru BK harus menerapkan segala kemampuan dan pengalaman yang dimiliki, dari pengamatan di masyarakat atau pelatihan psikologi.

Konselor yang efektif membutuhkan keterampilan lisan dan tertulis untuk berhasil dalam tugasnya. Sebab tugas Guru BK menghabiskan waktu berbicara dengan siswa, staf dan orang tua serta menulis laporan yang diperlukan, dalam bentuk e-mail atau surat. “Konselor sekolah perlu menjadi komunikator yang baik,” ucap Paulina. (111)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: