April UN Dimulai

April UN Dimulai

\"KUnjunganBENGKULU, BE - Peserta Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/MA, SMK, SMP/Mts diharapkan mempersiapkan dirinya dengan maksimal. Karena Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah memastikan tanggal pelaksanaan UN dilaksanakan 15-18 April Tingkat SMA/MA, SMK dan 22-15 April jadwal UN SMP/Mts. Selain itu jumlah soal UN yang akan diujikan pada tahun pelajaran 2012/2013 ini sebanyak 20 paket. Untuk itu, dalam waktu dekat BSNP akan segera melakukan sosialisasi terkait hal tersebut.

Menurut Kadispendik Provinsi Bengkulu, DR. H Syafruddin AB, SE MSi, banyaknya jumlah paket yang akan diujikan bertujuan untuk meningkatkan kredibilitas hasil UN. Dengan banyaknya jumlah paket diharapkan dapatĀ  menekan tindak kecurangan yang dilakukan oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

\"POS UN SMP/Mts, SMA/MA, SMK dan Permen UN sudah terbit\" terangnya. Dengan jumlah soal yang lebih banyak, maka dalam pelaksanaannya ada soal yang berbeda didalam 1 ruang ujian. Proses pembagiannya dilakukan secara berurutan, dengan menggunakan metode spiral. Metode ini lebih mudah dibandingkan ditahun lalu yang hanya mengujikan 5 paket soal.

Walaupun akan mengujikan 20 paket soal, BSNP sudah menerbitkan Kisi-kisi soal yang akan diujikan. Tetapi, kisi-kisi yang dikeluarkan belum memenuhi seluruh tingkatan sekolah. Tercatat, ditahapan awal ini BSNP hanya menerbitkan kisi-kisi untuk tingkat SMP/MTs dan SMA/MA serta SMK, sedangkan untukĀ  tingkat SD/MI menyusul. Untuk mendapatkan kisi-kisi yang merupakan cerminan soal ini sangatlah mudah. Guru atau siswa dapat mendownload langsung diwebside BSNP atau dapat mengambilnya di Dispendik Provinsi Bengkulu.

\"Kisi-kisi ini sangat penting. Karena dapat digunakan untuk mempermudah dan memfokuskan siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi UN. Selain itu kisi-kisi soal UN juga merupakan acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian yang memuat Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan kemampuan yang diujikan. Untuk itu, bagi guru dan siswa diharapkannya mempelajari dan memahami kisi-kisi itu,\" ungkapnya.

Ditambahkan kisi-kisi soal UN disusun berdasarkan SKL dari standar nasional pendidikan. Salah satu standar menguraikan tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah yang mencakup lingkup materi dan tingkat kompetensi minimal untuk mencapai standar kompetensi lulusan pada jenjang pendidikan tertentu sesuai dengan peraturan mendiknas. SKL adalah standar kompetensi minimal yang harus dikuasai oleh peserta didik.

SD BSNP telah mengeluarkan POS no. 002 tahun 2013 yang mengatur tentang pelaksanaan UN SD/MI. Tanggal 6-8 Mei 2013 ditetapkan sebagai tanggal pelaksanaan UN bagi seluruh siswa kelas akhir SD/MI. Dengan mengujikan 3 mata pelajaran, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA. Berdasarkan POS, panitia UN Provinsi Bengkulu tetap akan melakukan tugas penyusunan soal UN. Penyusunan ini dilakukan diarea steril ini selain melibatkan guru senior juga Puspendik.

Setiap paket soal UN SD/MI terdiri dari, 25% soal yang ditetapkan BSNP dan berlaku secara nasional. Sedangkan 75% soal yang ditetapkan oleh penyelenggara UN/MI tingkat provinsi berdasarkan kisi-kisi soal UN SD/MI yang ditetapkan oleh BSNP. \"Soal yang 75% inilah yang akan kita susun,\" ungkapnya.

Pelaksanaannya dilaksanakan disuatu tempat yang presentatif. Hal ini sengaja dirahasiakan mengingat pembuatan soal merupakan salah satu dokumen negara yang sangat penting. Untuk gambaran teknis pelaksanaan penyusunan soal UN SD/MI ini tak jauh berbeda dari tahun sebelumnya.

Lanjutnya, mata pelajaran yang akan diujikan sebanyak 3 bidang studi yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Dari 3 pelajaran ini harus dihasilkan 9 master soal. Terdiri dari soal utama, susulan dan cadangan. Sedangkan untuk SDLB sebanyak 18 master, yang disesuaikan dengan program ketunaan disekolah luar biasa tersebut. Tentunya, membuat soal ini sangatlah tak mudah selain membutuhkan tenaga yang profesional juga dibutuhkan kesabaran yang sangat tinggi.

\"Petugasnya adalah guru-guru yang sudah pernah mengikuti pelatihan pembuatan soal, berlatar belakang sarjana, dan merupakan guru mata pelajaran yang diujikan,\" jelasnya. Dengan jumlah untuk permata pelajaran masing-masing 10 orang yang berasal dari 10 Kabupaten/Kota, sehingga total keseluruhan sebanyak 30 orang.

Tambahnya, selain petugas itu dalam pembuatan soal ini juga melibatkan petugas review dan perakit soal masing-masing 1 orang. Biasanya, tugas ini dikerjakan oleh guru-guru senior atau petugas yang ditunjuk oleh Dispendik Kabupaten/Kota Bengkulu. Kemudian pihaknya juga melibatkan tim akademisi yang berasal dari Unib. SMK Selain itu BSNP juga telah menentukan jadwal pelaksanaan uji praktek kompetensi yang dilaksanakan serentak seluruh SMK se-Provinsi Bengkulu. Bagian dari kegiatan UN ini, akan dilaksanakan mulai 18 Februari hingga 24 Maret 2013. Panjangnya rentang waktu pelaksanaan ini, diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh SMK.

Selain itu dalam rentang waktu yang telah ditentukan itu, pihak sekolah dapat menentukan jadwalnya sesuai dengan kesepakatan dengan DUDI. Sedangkan untuk penentuan rekanan ini harus disesuaikan dengan kompetensi yang akan diujikan.

Seperti yang diketahui, selain mengikuti ujian praktik kompetensi, mereka juga diwajibkan untuk mengikuti Ujian Teori Kejuruan. Hasilnya ini akan diperhitungkan dalam UN dalam rangka peningkatan mutu. Agar pelajar SMK tidak hanya mahir praktik, tapi juga mampu dalam teori(128)

\"1_UTAMA-13\"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: