DPRD Kembalikan Berkas Firman

DPRD Kembalikan Berkas Firman

\"kETUABINTUHAN,BE- DPRD Kaur  mengembalikan lagi berkas Pengganti Antar Waktu (PAW) Firmansyah alias Firman Salam ke KPUD Kaur. Setelah dilakukan pengkajian dan penelitian ternyata berkas Firman belum lengkap, pada hal rencananya pihak DPRD menyampaikan berkas tersebut ke  gubernur untuk diteruskan ke Mendagri.

\"Seharusnya selain penujukan berkas calon PAW dari Partai Barnas ada syarat yang harus dipenuhi yakni SKCK dari kepolisian, Surat kesehatan dari RSUD dan beberapa lagi item berkas yang belum lengkap. Makanya kita kembalikan ke KPUD Kaur,\" ujar Ketua KPUD Kaur Samsu Amana SSos, kemarin.

Dikatakan Samsu, proses selanjutnya setelah berkas diterima KPUD Kaur maka harus segera menuntaskanya setidaknya lima hari.  Jika sudah lengkap maka kembali ke DPRD lagi. Namun pihaknya belum akan melakukan penyampaian ke gubernur, pihaknya akan melakukan verifikasi terhadap berkas-berkas dan kelengkapan persyaratannya apakah benar sudah dilengkapi oleh KPUD dan partai bersangkutan.

\"Kalau kita memabaca acuan syarat calon anggota DPRD setidaknya ada sekitar 26 item yang harus dipenuhi administrasinya. Diantaranya ya adanya surat dari KPU itu. Kemudian, surat dari Partai, kartu anggota dan beberapa tentang fisik  seperti SKCK, Surat kesehatan dan lainnya. Semuanya harus dipenuhi dengan baik,\" jelasnya.

Jika semua persyaratan itu telah dilengkapi, kata Samsu, makanya  berkas PAW akan diserahkan gubernur.  \"Karena berkas-berkas itulah yang akan menjadi landasan pihak Kemendagri, untuk mengeluarkan surat keputusan PAW Firman untuk menduduki kursi DPRD Kaur dari Partai Barnas menggantikan Alm H Zulkifli Saam,\" jelasnya.

Disisi lain, Ketua KPUD Kaur Arpan Ependi SPd mengatakan pihaknya akan melakukan verifikasi kembali terhadap kekurangan berkas tersebut, namun hal ini pihaknya berjanji akan segera melakukan pelengkapan berkas. \"Kita akan pintakan kepada calon PAW yaitu  Firman untuk segera memuat persyaratan yang kurang, rencana besok (hari ini,red) ke DPC Partai Barnas untuk melengkapinya,\" jelasnya.

Sementara itu, calon PAW Firmansyah mengatakan pihaknya sudah menyiapkan semuanya itu, memang sebelumnya pihak KPUD Kaur tidak meminta persyaratan. Namun jika diminta sebagai persyaratan pihaknya sudah menyiapkanya.\"Kita kemarin sudah melakukan koordinasi dengan KPUD dengan membawa berkas yang kurang tersebut,\" jelas Firman (823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: