Bronjong Jebol 3 Titik

Bronjong Jebol 3 Titik

\"\"LEBONG SAKTI, BE – Tingginya curah hujan yang terjadi di Lebong belakangan ini membuat 3 titik bronjong yang berada di Desa Ujung Tanjung II Kecamatan Lebong Sakti jebol. Diduga jebolnya bronjong itu karena tak kuat menahan gempuran air yang terus meluap belakangan.

Kades Ujung Tanjung II Anuar Sanusi atau yang akrab disapa Uci mengungkapkan, dari pengecekan yang dilakukan pihaknya, terdapat 3 titik bronjong yang ada di desanya itu yang telah jebol di terjang air. Bahkan panjang kerusakan bronjong ini diperkirakan mencapai lebih kurang 2 meter.  \"Selain rusak, bronjong ini juga sudah hanyut di bawa arus Sungai Ketahun. Bronjong yang ada sekarang ini adalah bronjong yang dibangun sekitar 15 tahun lalu,\" ungkapnya.

Diakuinya, bronjong yang sudah cukup lama dibangun ini sudah tidak kuat lagi menahan tingginya debit air di Sungai Ketahun. Apalagi sejak dibangun belum ada sama sekali dilakukan pemeliharaan. \"Seingat saya, setelah selesai dibangun sampai sekarang belum ada perbaikan yang dilakukan. Sudah wajar jika bronjong ini rusak karena memang sudah cukup lama di bangun,\" lanjutnya.

Ditambahkannya, beberapa waktu yang lalu dirinya sudah mendatangi Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan juga BPBD Lebong agar dilakukan perbaikan terhadap bronjong tersebut, namun belum ada realisasi. \"Kita berharap pihak terkait dapat segera menindaklanjuti kerusakan ini. Bukan hanya akan merusak beberapa bronjong lainnya, tapi kita juga khawatir kerusakan ini akan berdampak kepada masyarakat,\" singkatnya.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: