Cegah KLB, KKP Gelar Koordinasi

Cegah KLB, KKP Gelar Koordinasi

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas III Bengkulu menggelar koordinasi dalam rangka kewaspadaan dini dan respon terhadap potensi Kejadian Luar Biasa (KLB) di wilayah kerjanya. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi sejumlah penyakit. Dalam acara yang digelar di aula Hotel Zalfa Desa Kepala Pasar itu diikuti oleh peserta oleh lintas sektor dan program.

“Ini sebagai langkah yang fositip dilakukan KKP Bengkulu, setidaknya memberikan penjelasan terkait apa saja yang dapat menimbulkan penyakit dilokasi pelabuhan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kaur, Azwar SSos dalam sambutannya, kemarin (23/4).

Dikatakannya, kewaspadaan dini memang dari awal wajib ditanamkan di sejumlah petugas pelabuhan terutama di bidang kesehatan. Kemarin beberapa perwakilan petugas kesehatan yang berdekatan dengan pelabuhan juga diundang membicarakan hal ini. Salah satunya dari Puskesmas Linau dan juga Puskesmas Bintuhan yang diharapkan mereka dapat memahami bila terjadi KLB berkaitan dengan penyakit di sekitaran pelabuhan.

“Melalui kegiatan ini kita harapkan terus digelar per triwulan, setidaknya tiap tahun untuk memberikan pencerahan dengan petugas kita yang ada di lapangan, misalnya ada kapal masuk terus apakah wajib dilakukan pemeriksaan kepada ABK dan sejumlah krunya terutama yang berbendera asing,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasi PKSE KKP Kelas III Bengkulu dr Rosip menegaskan, pemberian pencerahan kepada sejumlah lini yang berkaitan dengan kesehatan pelabuhan memang sangat penting. Mengingat Kabupaten Kaur merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki pelabuhan besar di Bengkulu. Sehingga tak menutup kemungkinan kapal kapal besar juga bersandar atau ABKnya mendarat di Pelabuhan itu.

“Kita berikan materi terkait dengan kekarantinaan kesehatan di pintu masuk pelabuhan, situasi penyakit menular serta juga kebijakan pelayanan penerbitan sertifikat vaksinisasi international,” tandasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: