Enam SD Diusulkan Jadi SD Terpencil

Enam SD Diusulkan Jadi SD Terpencil

\"potret-sekolah-terpencil\"KOTA MANNA, BE – Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) BS, Sahidin Maim MPd mengungkapkan, tahun 2013 ini pihaknya  tengah berupaya untuk mengusulkan SD terpencil kepada pemerintah pusat. Pasalnya SD-SD tersebut letaknya sangat jauh dari kota serta jalan menuju ke SD tersebut sangat sulit dilalui sehingga para guru masih banyak yang enggan untuk mengajar di SD tersebut. ”Untuk tahun ini ada 6 SDN yang akan kami usulkan sebagai SD terpencil,” katanya.

Dikatakannya, ke-6 SD negeri itu yakni SDN di Desa  Padang Lebar Kecamatan Seginim, SDN  di Desa Ganjoh Kecamatan Pino, SDN di Desa Air Tenam Kecamatan Ulu Manna, SDN di Desa Cinto Mandi Kecamatan Pino Raya, dan SDN di Desa Telaga Dalam juga Kecamatan Pino Raya serta SDN di Desa Sukamaju Kecamatan Air Nipis. Saat ini tenaga pengajar di 6 SD itu sangat sedikit, padahal muridnya banyak. ”Memang lokasi ke 6 SD itu sangat jauh, jadi guru-guru enggan mengajar di SD itu,” ucapnya.

Sebab itu, kata mantan Sekretaris BKD BS itu, pihaknya akan mengusulkan kepada Kementerian Pendidikan Nasional agar 6 SDN itu dapat dijadikan sebagai SD terpencil supaya guru-guru yang akan ditempatkan di SD itu mendapatkan tunjangan guru terpencil. Pasalnya salah satu faktor guru enggan mengajar di SD itu lantaran tidak masuk dalam daftar tunjangan guru terpencil.

\"Dengan adanya tunjangan guru terpencil ini, maka pendapatan guru itu akan bertambah. Dengan begitu nantinya diharapkan guru tersebut akan betah dan mau ditempatkan mengajar di SD terpencil itu,\" demikian Sahidin.(369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: