22 Siswa SMKN 3 akan Ikuti UKK

22 Siswa SMKN 3 akan Ikuti UKK

CURUP, Bengkulu Ekspress - Tak hanya mengikuti ujian nasional pada akhir Maret 2019 ini, sebanyak 22 siswa dari jurusan Farmasi SMKN 2 Rejang Lebong juga akan mengikuti Uji Kompetensi Keahlian (UKK) oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Komunitas Farmasi Indonesia dari Jakarta.

\"Mulai tahun ini pelajar kelas XII dari jurusan Famasi kita akan mengikuti UKK,\" sampai Kepala SMKN 3 Rejang Lebong, Asep Suparman SPi MPd saat dikonfirmasi Rabu (27/2) kemarin.

Dijelaskan UKK sendiri adalah untuk menguji kemampuan keterampilan siswa sesuai kompetensi keahlian yang ditekuninya, sehingga jika lulus ujian, maka dapat pengakuan memiliki keahlian di bidang tertentu dengan diberikannya sertifikat kompetensi.

Sehingga saat lulus nanti lulusan Jurusan Farmasi dari SMKN 3 Rejang Lebong selain mendapatkan ijazah dan SKHUN juga akan diberikan sertifikat kompetensi. \"Dengan sertifikat keahlian yang mereka miliki tersebut, maka menunjukkan bahwa lulusan SMK memang sudah siap kerja mapu berwirausaha,\" sampai Asep.

Sebelum melakukan UKK sendiri, tim telah melakukan pengecekan ke SMKN 3 Rejang Lebong, dimana pengecekan yang dilakukan terkait dengan ketersediaan lata, ruang dan penguji atau asessor, dimana dari pengecekan yang dilakukan tersebut maka SMKN 3 Rejang Lebong dinyatakan layak untuk menjadi tempat uji kompetensi.

\"Sebelaum dilakukan UKK, kita juga telah menjalani verifikasi persiapan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Farmasi, dari verifikasi yang dilakukan kita dinyatakan siap,\" sampai Asep.

Sementara itu, untuk pelaksanaan UKK sendiri, menurut Asep sudah mereka jadwalkan pada tanggal 14 dan 15 Maret mendatang. UKK sendiri akan diikuti oleh 22 kelas XII jurasan Farmasi SMKN 3 Rejang Lebong dengan pengujinya sebanyak 5 orang dari Lembaga Sertifikasi Profesi Komunitas Farmasi Indonesia.

Untuk tahun ini memang baru jursan Farmasi yang mengikuti UKK, namun kedepannya kita akan berkomitmen agar seluruh jursan di SMKN 3 Rejang Lebong ini mengikuti UKK, sehingga lulusan kita benar-benar siap masuk dunia kerja dengan dibuktikan oleh sertifikat yang mereka miliki,demikian Asep.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: