297 Siswa Bertarung di OSK

297 Siswa Bertarung di OSK

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Sebanyak 297 siswa-siswi SMA negeri maupun swasta se-Kabupaten Kaur bertarung mengikuti Olimpiade Sains Kabupaten (OSK) di SMAN 1 Kaur, Rabu (27/2). Dari 297 peserta yang diseleksi itu, nantinya dipilih siswa terbaik yang mewakili Kabupaten Kaur dalam sembilan bidang studi pada tingkat Provinsi Bengkulu bulan April 2019 mendatang.

“Untuk seleksi OSK ini digelar hanya satu hari ini saja, dan masing-masing sekolah mengirimkan 3 orang siswa, untuk satu mata pelajaran,” kata Kepala Cabdin Dikbud Wilayah IX Bintuhan Jayadi Ruslan M TPd kemarin (27/2).

Dikatakan Jayadi, sembilan bidang keilmuwan yang dilombakan antara lain matematika, fisika, kimia, biologi, ekonomi, geografi, astronom, kebumian dan TIK. Dimana untuk siswa yang lolos seleksi tes tulis akan menjalani tes selanjutnya di tingkat Provinsi Bengkulu pada bulan April 2019 nanti.

Pada OSN tahun ini ada 27 siswa yang akan diambil dalam seleksi tingkat kabupaten ini. Juga Jayadi mengapresiasi keberanian peserta untuk mengikuti OSK ini. Sebab siswa-siswi yang mengikuti seleksi ditingkat kabupaten ini merupakan siswa pilihan di sekolahnya.

“Kita berharapkan, seleksi ditingkat kabupaten ini dapat menemukan siswa-siswi terbaik untuk mewakili Kabupaten Kaur di tingkat provinsi nanti,”harapnya.

Ditambahkannya, OSK SMA tingkat Kabupaten Kaur yang diikuti 11 sekolah tingkat SMA ini, merupakan agenda rutin yang biasa diselenggarakan setiap tahunnya. Olimpiade ini dilakukan guna menyalurkan bakat siswa-siswi SMA khususnya dibidang sains.

Melalui wahana yang disebut OSN, sekaligus pula melakukan penjaringan siswa berprestasi untuk mengikuti olimpiade serupa di tingkat selanjutnya. “Nanti peserta yang berhasil menduduki peringkat berkesempatan diikut sertakan ke tingkat Provinii. Nanti dari hasil OSN akan kita ambil juara 1 2 3 untuk satu mata pelajaran, jadi total siswa yang akan kita kirim nanti ada 27 siswa,” jelasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: