Warga Trans Masih Bantuan

Warga Trans Masih  Bantuan

  \"rumahBINTUHAN,BE – Warga UPT Transmigrasi Desa Tanjung Agung, Kecamatan Tetap masih menerima jatah keperluan hidup atau subsidi dari pemerintah sampai 2 tahun kedepan. Mereka masih menjadi tanggungan Kementerian Transmigrasi hingga memiliki mata pencarian sendiri dari pengelolaan  lahan pertanian.

\"Untuk saat ini warga tran belum mampu memenuhi kebutuhan hidup sendiri dengan layak, kebutuhan makanan dan keperluan sehari-hari masih ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah. Jadi pusat menyalurkan anggaran melalui Dinasosnakertran,\" ujar Kadisosnekertran Kaur Drs Edi Suardi B,  kemarin.

Dikatakanya,  jatah biaya hidup diberikan sebanyak 100 Kepala Keluarga (KK) transmigrasi pendatang dan lokal menerima jatah makanan setiap hari 3 kali jatah makan, diantaranya stok beras dan biaya bumbu lainya. Namun rincian biayanya kemungkinan besar satu hari Rp 75 ribu itu belum yang lainnya.  \"Jatah hidup ini akan dilepas selama dua tahun, sehingga tahun 2014 mereka tidak lagi dibiayai oleh pemerintah,  mereka harus bisa berusaha sendiri,\" jelasnya.

Kemudian  untuk lahan usaha, tambah Edi, sendiri masing-masing KK diberikan 2 hektar, hal ini setelah dua tahun lahan tersebut akan disertifikatkan. Lalu sertifikat itu akan miliknya pribadi. Pihaknya berharap dengan bantuan yang begitu besar dari pemerintah, warga transmigran dapat menetap selamanya di UPT Transmigrasi tanjung Agung selamanya. Serta mengembangkan daerah tersebut terlebih dengan potensi pertanian yang begitu besar.

\"Selain bantuan berupa kebutuhan dari Kementerian Transmigrasi, ada juga bantuan berupa alat-alat untuk usaha pertanian dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT), makanya saat ini semua fasilitas sudah diberikan, tinggal pemanfaatanya lagi,”ujarnya.

Selain itu, pada tahun ini Pemda Kaur melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2013 akan melakukan peningkatan akses jalan. Rencananya jalan menuju Transmigrasi akan dibangun dengan aspal hotmix. Peningkatan jalan tersebut nanti diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga setempat. \"Anggaran dari pusat akan segera turun, pembangunan jalan hotmic hanya khusus dilokasi tran sepanjang 2 KM, hal ini untuk mempermudah aktifitas warga setempat,\" harapnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: