Rumah Potong jadi Kandang

Rumah Potong  jadi Kandang

\"TERBELENGKALAIBINTUHAN, BE – Rumah Potong Hewan (RPH) yang terletak di Desa Cucupan, Kecamatan Tetap sudah 4 tahun ini masih menjadi bangunan yang tidak berfungsi. Bangunan tersebut sampai saat ini kerap menjadi kandang hewan ternak masyarakat. Tahun ini RPH itu akan mulai untuk difungsikan, namun semuanya masih dalam perencanaan.

\"Memang untuk memfungsikan RPH harus butuh sarana penunjang, baik hewannya serta alat lainnya, terbelengkalainya  RPH itu karena sarana kurang memadai,\" jelas Kepala Dinas Pertanian Asmawan SSos didampingi Kabid Peternakan  Kabid Ramdhanizar SE, kemarin.

Dikatakanya, untuk merealisasikan dan memaksimalkan fungsi RPH, saat ini pihaknya masih mencari bentuk payung hukum yang pas. Pihaknya masih mempertimbangkan untuk membuat Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) yang khusus menangani RPH serta berbagai uji coba peternakan dan pengujian lain. Sehingga pengelolaan fungsi RPH nanti dapat maksimal. \"Saat ini kita masih mengkaji dan mencari bentuknya dulu kemudian dibuatkan payung hukum, apakah  dibentuk UPTD khusus atau seperti apa nanti,\" jelasnya.

Asmawan mengatakan,  agar bisa menghidupkan kembali RPH tersebut sudah dialokasikan dalam APBD tahun 2013 ini. Anggaran itu untuk membeli perlengkapan yang diperlukan seperti meja kursi, meubeler dan kebutuhan lain. Namun itupun baru untuk prasaranaya, namun penunjang lainya untuk lokasi hewan masih perlu  tambahan dana direncanakan dalam perubahan nantinya.

\"Kita ingin cepat merealisasikan memfungsikan kembali RPH itu. Nanti untuk memaksimalkan sehingga pemotongan hewan dilakukan ditempat itu akan diatur. RPH ini sangat bermanfaat unbtuk menghindarkan masyarakat dari penyakit yang ditimbulkan dari mengkonsumsi daging. Karena sebelum dipotong, hewan akan dicek terlebih dahulu kesehatannya,\" jelasnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: