DAK Rp 4 M, 2 Poskesdes Dibangun

DAK Rp 4 M, 2 Poskesdes Dibangun

\"rumah-sakit-paru-cirebon\"TAIS, BE- Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma tahun 2013 ini bakal menambah jumlah pos kesehatan desa (poskedes) di 2 lokasi berbeda. Dibangun di Desa Pagar Agung Kecamatan Seluma Barat di Desa Sumber Makmur Kecamatan Sukaraja.

Kedua Poskesdes tersebut dibangun berdasarkan kebutuhan masyarakat. Karena selama ini warga 2 desa tersebut mengusulkan agar lokasi yang jauh dari puskesmas itu diberikan pelayanan kesehatan melalui fasilitas Poskesdes. Kepala Dinas Kesehatan H Yansyah Nawawi SKM Mkes membenarkan direncanakannya pembangunan poskesdes tersebut. Dikatakannya, anggaran yang akan digunakan, dana alokasi khusus (DAK) Kesehatan tahun 2013.

“Direncanakan, kita tahun 2013 ini menerima dana DAK sebesar Rp 4 miliar lebih. Namun dana tersebut bukan hanya akan digunakan untuk membangun Poskesdes saja, melainkan juga untuk digunakan membeli peralatan kesehatan (alkes), kemudian pembelian obat-obat untuk kebutuhan pelayanan kesehatan,” terangnya.

Ditegaskan, setelah dibangun 2 unit poskesdes, kemudian akan ditempatkaan tenaga kesehatan yang menetap di lokasi tesebut. Sehingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat tidak terhambat. “Setelah bangunannya selesai dibangun, barulah ditempatkan petugas kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan,” terangnya.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: