Parpol Gagal Siapkan Kader

Parpol Gagal  Siapkan Kader

\"\"Bang Ken Soal Pengisian Wagub

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Hingga saat ini, empat partai politik (Parpol) pengusung yaitu Partai Hanura, PKB, Nadem dan PKPI belum juga mengusulkan nama-nama calon wakil gubernur (Cawagub) ke Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah. Anggota DPD RI Dapil Bengkulu, H Ahmad Kanedi menegaskan, harusnya Parpol pengusung bisa cepat mengusulkan nama-nama Cawagub itu. Jika lambannya usulan itu lantaran tidak adanya kader yang potensi diusung, maka hal tersebut bentuk kegagalan Parpol dalam mencetak kader.

\"Itu kegagalan Parpol menyiapkan kader. Parpol di Indonesia telah gagal. Kritikan ini membangun, saya mohon maaf. Karena Parpol itu harus bisa menyiapkan kader yang baik dan militan,\" ujar Ahmad Kanedi atau Bang Ken kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (25/1).

Menurutnya, jika memang tidak ada kader yang diusung, maka solusinya Parpol pengusung bisa mengambil orang lain dari luar untuk diusungkan. Sehingga nama-nama itu nantinya, bisa dipilih 2 orang oleh gubernur untuk diserahkan kepada DPRD dan dipilih satu orang Wagub definitif. \"Ambil dari luar kalau tidak ada,\" ungkapnya.

Proses usulan Cawagub itu sebenarnya tidak perlu membutuhkan waktu lama. Asalkan Parpol pengusung bisa komitmen mempercepat usulan nama. Begitupun di DPRD juga tidak butuh waktu lama, asalkan nama-namanya sudah diserahkan ke DPRD oleh Gubernur. \"Kalau saya anggota DPRD dulu, satu bulan itu selesai,\" tambah Bang Ken.

Untuk mengusulkan, calon-calon itu tentu Parpol pengusung harus benar-benar selektif dalam memilihnya. Orang-orangnya harus memiliki kualitas menjadi Wagub. Tentunya yang mengerti tentang pemerintahaan dan sosial masyarakat. Termasuk bisa menyatukan Pemda kabupaten/kota dalam mengakomodir pembangunan daerah.

Karena untuk membangun daerah itu harus secara bersama-sama. Sehingga tidak ada pemda yang berjalan sendiri untuk melakukan pembangunan. \"Membangun itu harus secara bersama, jangan berjalan sendiri sehingga tidak konek pembangunannya,\" ujarnya.

Untuk itu, Bang Ken meminta proses pemilihaan Cawagub harus segara dilakukan. Sebab, gubernur tidak bisa bekerja secara sendiri. Mengingat banyak program yang harus diselesaikan sampai ke tingkat daerah. \"Saya minta ini segera diproses,\" paparnya.

Jika lambannya pengusulan Cawagub, sebagai strategi untuk meniadakan Wagub sampai akhir masa jabatan gubernur, kata Bang Ken, ia sangat tidak setuju. \"Saya sangat tidak setuju kalau tidak ada Wagub. Saya akan pimpin demo. Rohidin tidak boleh kerja sendiri, tugasnya sangat berat,\" tandasnya. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: