Lagi, 2 Pencuri Besi Tower Diamankan

Lagi, 2 Pencuri Besi Tower Diamankan

\"\"SUKARAJA, Bengkulu Ekspress - Setelah melakukan pengembangan, akhirnya tim Sat Reskrim Polres Seluma kembali mengamankan dua pelaku pencurian 20 pisc plat penyambung pada tower penghubung Saluran Udara Tegangan Ektra Tinggi (Sutet) berinisial Sp (16) dan Da (17). Sehingga 7 orang tersangka sudah diamankan jajaran kepolisian Polres Seluma.

\"Total enam tersangka sudah diamankan, setelah dilakukan pengembangan dalam waktu berbeda berhasil diamankan dua orang kemarin,\" tegas Kapolres Seluma, AKBP I Nyoman Mertha Dana SIk melakui Kabag Ops AKP Qusnul Khomar SIk kepada wartawan.

Dijelaskannya, jika keenam tersangka Febi Sobiansyah(16), Rama Dendi (16) Sepri(16) Riko(16), Darwansyah(17) serta Aldani (28) tersebut merupakan warga Padang Kuas yang berasal dari Rupit Musirawas,Pagar Alam, Kabupaten Lintang 4 lawang.

Modus pencurian yang dilakukan pelaku dengan mengambil plat besi penyambung tiang tersebut dengan cara melepas baut - baut penguncinya dengan cara memanjat tower tersebut. Dari beberapa titik tower yang paling banyak hilangnya platnya, selain dititik 57 adalah dititik 53. Dari pengakuan pelaku bahwa pencurian plat besi penyambung tiang Tower Sutet tersebut dilakukan pelaku dibeberapa titik Tower Sutet lainnya. antara lain di titik 44 Kel Babatan, di titik 48,49,52,53 Desa Air Petai, di tiitik 54,55,56 dan 57 Desa Padang Kuas.

\"Dari keterangan saksi pelakulah yang melakukan aksinya dengan bersama sama. Hanya saja sejumlah hasil curian sudah di pergunakan tersangka,\"sampainya.

Dijelaskannya, jika sebelumnya sudah mengetahui akan robohnya Tower Sutet ini. Hanya saja, karyawan Perusahaan PT EIP( Energi Indonesia Persada) selaku pelaksana pembangunan Tower Sutet datang untuk berkoordinasi akan robohnya tower Sutet.

Sehingga tim Buser beserta tim dari PT EIP langsung melakukan pengecekan ke lapangan untuk memastikan akan penyebab robohnya tower Sutet sekaligus mengamankan empat terindikasi pelaku.“Pelaku sudah diamankan untuk penyidikan lebih lanjut termasuk untuk melakukan pengejaran otak pelaku yang sudah di ketahui,”tegasnya.

Dalam penyidikan yang dilakukan tim Buser jika sejumlah titik menara Tower Sutet yang berada di kawasan Sukaraja sudah mulai satu persatu di buka baut-bautnya. Sehingga di khawatirkan akan ikut roboh jika lamban ditindak lanjuti oleh perusahaan PT EIP selaku rekanan pemasang tower sutet di provinsi Bengkulu.“Kita sudah mengetahui akan robohnya tower ini hari Sabtu (12/1) lalu. Namun hari ini Minggu (13/1) Manager PT EIP Maslikan melaporkan ke Polsek hari ini,”tegasnya.

Dijelaskannya, jika tower sutet ini penghubung dari PLTU Palau Baii, Teluk Sepang, Kampung Bahari, Riak Siabun, Babatan, Talang Alai, Padang Kuas hingga ke Padang Ulak Tanding(PUT) dengan melewati beberapa desa di kawasan Sukarja sudah satu persatu mulai di buka baut-bautnya oleh pelaku.

Dalam laporannya, direncanakan 77 titik tower sutet akan didirikan hingga ke PUT tersebut.“Dalam penyidikan sebagain besar baut pada tower sutet sudah dibuka indikasinya murni pencurian yang dilakukan oleh warga pendatang dari Pagar Alam yang berdomisili di Padang Kuas,” tegas Qusnul.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: