20 Aset Pemkab Dikuasai Warga

20 Aset Pemkab Dikuasai Warga

TAIS, Bengkulu Ekspress- Dari tahun ke tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma tidak bisa bertindak tegas terhadap warganya. Pasalnya, saat ini sebanyak 20 titik aset non bergerak milik Pemda Seluma. Seperti, di sebelah dan depan Kantor Camat Kota Tais, dibawah Jembatan layang maupun di kawasan Simpang Enam.

Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Pemerintahan Sekretariat Pemda Seluma, Nopetri Elmanto MSi membenarkan dengan banyaknya aset lahan dan tanah yang ditempati oleh warga di Kabupaten Seluma ini. Bahkan sebanyak 20 titik aset lahan sudah di tempati oleh warga yang mendirikan bangunan semi permanen. Bahkan ada juga yang sudah ditanam dengan tanaman keras.

“Kita sudah melayangkan surat teguran ke masyarakat yang memanfaatkan lahan milik Pemda Seluma ini. Selama ini Pemda juga tidak ada mengeluarkan izin menempati lahan,”tegasnya.

Disampaikannya, sejauh ini dari sekian banyak bangunan yang sudah berdiri di lahan milik Pemda tersebut juga tidak ada satupun yang mengkonfirmasi. Baik itu, meminjam pakai ataupun pamit mendirikan bangunan semi permanen. Menurutnya, sebagaian besar bangunan yang ada tersebut ilegal adanya.  “Surat teguran pertama sudah, kedepan surat teguran kedua akan kembali diterbitkan. Besar harapan dapat ditindak lanjuti,”sampainya.

Diharapkannya, warga yang mendirikan bangunan di kawasan milik Pemda tersebut bisa mengkonfirmasi ataupun mengusulkan surat permohonan izin pinjam pakai ataupun perjanjian. Untuk sewaktu-waktu bisa mengosongkan sendiri lahan yang ada, ketimbang dihancurkan oleh pemerintah. Namun penghancuran bukanlah jalan keluar, melainkan tetap mendahulukan peringatan keras. “Kita harapkan kedepan akan ada duduk satu meja membahas ini,”singkat Nopetri.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: