Optimalkan Potensi Desa

Optimalkan Potensi Desa

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang harus mampu mendorong pengoptimalan potensi desa. Dengan adanya penggelontoran anggaran sangat besar oleh pemerintah pusat melalui program Dana Desa (DD) harus bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, supaya tujuan dana ratusan triliun yang diberikan pemerintah bisa tercapai yakni untuk mensejahterakan rakyat.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo menyentil Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang supaya bisa mendorong pengoptimalan Dana Desa (DD) untuk mengembangkan kawasan-kawasan objek wisata pedesaan agar dapat meningkatkan pertumbuhan pendapatan masyarakat.

“Tujuan dari pak Presiden Joko Widodo menggelontorkan Dana Desa (DD) yang setiap tahunnya selalu meningkat salah satunya untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat. Maka pemerintah daerah harus bisa mendorong desa untuk mengoptimalkan pengelolaan potensi desanya,” tegas Eko, saat menyampaikan arahan peresmian Program Desa Terang GNTI di Desa Sumber Sari Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang Kamis (20/12).

Objek wisata menjadi salah satu sektor yang harus digencarkan pembangunan dan pengelolaan. Karena, pariwisata menjadi satu cara untuk bisa mendatangkan incam besar bagi pemerintah desa hingga bisa membantu masyarakat menambah penghasilan.

“Saya rasa desa-desa di Kabupaten Kepahiang bisa meniru keberhasilan desa-desa dijawa seperti Desa Ponggo yangg sukses memaksimalkan objek wisata air. Sehingga sekarang penghasilan desa bisa belasan miliar dalam setahun,” ujar Menteri Eko.

Ia juga mengharapkan peran aktif pemerintah daerah mendorong pemerintah desa agar memiliki program yang terfokus dalam menggunakan Dana Desa (DD). Sehingga ada sektor yang benar-benar dioptimal pemerintah desa untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: