Desak Alsintan Dibagikan

Desak Alsintan Dibagikan

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress - Para petani di seluruh kecamatan di Kabupaten Bengkulu Tengah mendesak agar bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) segera dibagikan oleh Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng).

Betapa tidak, jelang berakhirnya tahun 2018 ini, ratusan Alsintan yang diperuntukan bagi petani tersebut tak kunjung dibagikan kepada kelompok tani penerima. \"Ada apa? Kenapa Alsintan belum juga dibagikan. Padahal, Aslintan sudah tiba di kantor Distan Kabupaten Benteng sejak beberapa bulan lalu,\" kesal Rofen, salah seorang petani sawah di wilayah Kecamatan Taba Penanjung.

Memperjuangkan Alsintan yang diperlukan, berbagai kelengkapan administrasi sudah disampaikan secara lengkap sejak lama. Dimulai dari proposal usulan kebutuhan Alsintan beserta daftar nama-nama Kelompok Tani (Poktan). \"Jika dibiarkan lama terparkir di halaman kantor Distan, kami khawatir Alsintan akan rusak dan berkarat. Sehingga tak optimal lagi dalam membantu petani dalam mengolah lahan pertanian mereka,\" tambahnya.

Lebih lanjut, Rofen menuturkan, pembagian Alsintan tak lagi efektif dan tepat pada waktunya. Sesuai dengan kondisi persawahan, ungkapnya, petani saat ini sedang membutuhkan Alsintan untuk keperluan sehari-hari. Seperti membajak sawah dengan menggunakan hand traktor maupun membasmi gulma dengan menggunakan hand sprayer.

\"Dari hasil koordinasi dengan Distan Kabupaten Benteng, kami hanya mendapati informasi yang tak begitu jelas dan selalu di undur (molor,red). Bahkan, beberapa petani sudah mulai persiapan menanam dan barulah akan memanfaatkan Alsintan pada tahun 2019 mendatang,\" bebernya.

Data terhimpun Bengkulu Ekspress, Distan Benteng mendapatkan Alsintan bantuan dari Provinsi Bengkulu itu meliputi, hand traktor roda dua sebanyak 32 unit, handsprayer sebanyak 6 unit, alat tanam jagung sebanyak 9 unit, alat tanam padi sebanyak 3 unit dan pompa air besar sebanyak 3 unit. Selain bantuan dari Distan Provinsi, bantuan langsung dari Kementan RI juga diterima.

Meliputi, Corn seler 10 unit, traktor sebanyak 20 unit, cultivator sebanyak 10 unit dan pompa air kecil sebanyak 10 unit. Alsintan sudah tiba sejak pertengahan tahun lalu. Tak hanya itu, beberapa bulan lalu, tambahan Alsintan kembali disalurkan. Yakni, 30 unit handtraktor roda dua, 2 unit handtraktor roda empat, 35 unit pompa air 3 mili, 15 unit pompa air 4 mili dan 100 unit hand sprayer.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: