Disabilitas Harapkan Kepedulian

Disabilitas Harapkan Kepedulian

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress- Ketua Lembaga Perlindungan Penyandang Disabilitas (LPPD) sehati Bengkulu Selatan (BS), Ikhsan mengatakan, jumlah penyandang disabilitas di Bengkulu Selatan saat ini mencapai ratusan orang. Semuanya tersebar di 11 Kecamatan dalam wilayah Bengkulu Selatan.

“ Yang tergabung dengan kami LPPD ada 104 orang disabilitas,” katanya saat peringatan hari disabilitas Internasional sekaligus peringatan hari ulang tahun LPPD Bengkulu Selatan  ke-2 di Lapangan Merdeka Bengkulu Selatan, Kamis (13/12).

Dengan jumlah yang banyak tersebut, saat ini ada sebagian yang sudah mendapat uluran tangan seperti bantuan kursi roda atau bimbingan keterampilan hingga bantuan modal. Namun masih banyak yang belum tersentuh bantuan. Dirinya berharap, pemda Bengkulu Selatan dapat membantu para penyandang disabilitas tersebut. “ Kami sangat berharap bantuan untuk pengembangan potensi diri setiap anggota disabilitas dan sekretariat untuk LPPD,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pelaksana tugas (plt) Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi SE MM memberikan apresiasi kepada orang-orang cacat baik fisik baik ringan maupun berat di Bengkulu Selatan yang tidak menggantungkan dirinya kepada orang lain. Dirinya memastikan, dibalik kekurangan tersebut, ada kelebihan yang Allah SWT berikan.

“ Saya salut dengan penyandang disabilitas di Bengkulu Selatan, kondisi fisiknya tidak membuat rendah diri, namun menjadi motivasi untuk terus berkembang,” ujarnya yang ikut menghadiri acara tersebut.

Gusnan mengatakan, apa yang menjadi harapan para penyandang disabilitas tersebut, dirinya akan mengupayakannya untuk diwujudkan. Seperti sekretaiat LPPD juga akan diupayakannya. Termasuk bantuan permodalan bagi penyandang disabilitas. “ Kita sama-sama berupaya, kalaupun bantuan dari APBD sulit teralisasi, namun kita upayakan CSR dan bantuan dari pihak ke-3,” imbuhnya.

Gusnan juga mengaku, karya-karya para penyandang disabilitas di Bengkulu Selatan nanti, akan diupayakan untuk dipromosikan, hingga bisa dikenal ke luar daerah dan pada akhirnya perekonomian para penyandang disabilitas di Bengkulu Selatan semakin kokoh. “ Saya siap bantu promosikan karya kalian, saya yakin para penyandang disabilitas di Bengkulu Selatan karyanya tidak kalah bagus kualitasnya dari orang normal, bahkan saya yakin lebih bagus,” terang Gusnan.

Kepala Dinas Sosial Bengkulu Selatan, Drs Heriyadi melalui Kabid Resos, Puji Sri Handayani S Sos mengatakan saat ini pihaknya terus berupaya memperjuangkan para penyandang disabilitas di Bengkulu Selatan dengan mengusulkan berbagai bantuan. Tahun 2018 ini ada 11 penyandang disabilitas mendapat kucuran modal usaha dari APBD Bengkulu Selatan sebesar Rp 1,3 juta perorang dan ada juga mendapat kucuran bantuan modal dari APBN sebanyak 200 orang denga masing-masing mendapat bantuan Rp 1.260.000.

“ Ke depan, kami akan terus upayakan agar seluruh penyandang disabilitas di Bengkulu Selatan mendapat bantuan modal, sehingga mereka semua bisa mandiri,” ujar Puji. Dalam peringatan hari disabilitas Internasional tersebut juga disemarakan dengan adanya pembacaan puisi oleh anak-anak disabilitas. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: