HUT Emas, Kado Terindah Bagi Bengkulu Ditahun 2018

HUT Emas, Kado Terindah Bagi Bengkulu Ditahun 2018

Bengkulu, Bengkuluekspress.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu, melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Bengkulu ke–50 tahun, di halaman Kantor Gubernur Bengkulu, Minggu (18/11/2018).

Upacara HUT emas Provinsi Bengkulu ini, sangat khidmat dan sangat spesial sebagai kado ulang tahun bagi Provinsi Bengkulu, yang menginjak usia setengah abad.

\"Provinsi Bengkulu ini rumah kita bersama, ladang untuk dikelola bersama, serta kita harus berpartisipasi bersama untuk memajukan bumi Rafflesia ini,\" ujar Pelakasana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Dr.H. Rohidin Mersyah, MMA dalam amanatnya.

Setengah Abad Provinsi Bengkulu Menuju Bengkulu Berkemajuan

 

Rohidin menuturkan, terkait dengan tema yang diusung \"Setengah Abad Provinsi Bengkulu Menuju Bengkulu Berkemajuan\" Tema ini mengandung makna dan pesan yang sangat luas dan mendalam. Sebagai komitmen Pemprov Bengkulu, yang didukung pemerintah kabupaten dan kota, serta segenap lapisan masyarakat Provinsi Bengkulu, untuk selalu bekerjasama menuju cita-cita luhur Bengkulu maju, sejahtera, bermartabat dan berdaya saing tinggi.

\"Dengan demikan, Pemprov Bengkulu selalu hadir. Pemerintah Provinsi Bengkulu akan berjuang semaksimal mungkin untuk mengentaskan kemiskinan, mengurangi penggangguran, menghindari bahaya narkoba, terorisme, radikalisme, dan ancaman lainnya yang menjadi komitmen untuk diperangi bersama,\" tegas Rohidin

Lanjutnya, HUT emas Provinsi Bengkulu, diikuti dengan berbagai capaian yang membangggakan, antara lain Pemerintah Provinsi Bengkulu yang telah menetapkan pembangunan Pelabuhan Pulau Baai untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sebagai poros perekonomian baru dikawasan barat Pulau Sumatera.

Berikutnya, pembangunan dan pemanfatan Geothermal di Kabupaten Lebong, Rejang Lebong dan Kepahiang, yang secara khusus telah mendapatkan penetapan dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk dilaksanakan PT. PLN persero.

Rohidin yang lahir di Gelumbang, Kebupaten Bengkulu Selatan ini menambahkan, beberapa hari lalu Pemprov Bengkulu, telah melakukan berbagai program, baik peletakan batu pertama pembangunan pabrik minyak goreng di Kabupaten Seluma, launching ekspor komoditas perikanan dan juga,telah didafarkan 62 produk unggulan Bengkulu pada hak kekayaan intelektual.

\"Berharap kedepan infrastruktur lebih baik, bertekad layanan publik yang lebih baik. Mari kita mantapkan kebersamaaan dan bergotong royong bersama,\" pungkas Rohidin.

Kado spesial bagi HUT Emas Provinsi Bengkulu ini juga ditandai dengan diraihnya penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Pemprov Bengkulu, dalam pengelolaan Keuangan Daerah oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang diserahkan Kepala DJPb Perwakilan Provinsi Bengkulu kepada Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. Berbagai kegiatan juga telah digelar dalam rangka memeriahkan hari jadi Provinsi Bengkulu tersebut.

Dihadiri Tamu Spesial

Pada upacara peringatan HUT Emas Provinsi Bengkulu ini juga dihadiri tamu spesial dari negara lain. Ada empat orang tamu kehormatan yang hadir di Bumi Raflesia yaitu, Dr Mohammmed Saud Anwar, merupakan Walikota Muslim pertama di Amerika Serikat sebagai Walikota South Windsor New York. Lalu, Imam Mohammad Bashar Arafat merupakan Imam Besar Washington DC Amerikat Serikat.

Ketiga, Imdad Hussain Shahzad, utusan khusus Pemerintah Inggris untuk negara Islam. Dia CEO Editor Berita The Star News London, UK dan Eropa, Channel five Inggris dan Pakistan. Tokoh Muslim dan Jurnalis populer di London ini, juga dikenal sebagai tokoh perdamaian dunia yang dinobatkan oleh Muslim Association of United Kingdom. Selanjutnya, Mr. Lalit Khumar, investor pertambangan dan pabrik minyak goreng dari India yang merupakan Presiden Direktur PT. Sudevam Ultratecgreen.

Saat diwawancarai Bengkuluekspress.com, Walikota South Windsor New York Dr Mohammmed Saud Anwar dalam bahasa Indonesia mengatakan, event HUT Provinsi Bengkulu sangat menarik. Partisapasi dari berbagai pihak sangat mendukung kemajuan Provinsi Bengkulu, baik dari komunitas, pemerintah maupun masyarakat.

\"Saya senang dengan keramahan orang Bengkulu, dan juga alamnya yang sangat indah,\" terangnya

Salah Seorang Tokoh Pemuda Bengkulu Sultan Bachtiar Nadjamudin, yang mendampingi para tokoh dunia itu mengatakan, sudah lama ingin mengajak mereka ke Bengkulu, untuk melihat dan berharap dapat melakukan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu, Indonesia. Kerjasama mempromosikan wisata sejarah dan budaya yang ada.

Mewujudkan Percepatan Pembangunan Provinsi Bengkulu

\"Momentum ini diharapkan menjadi sindrom penggerak terutama aspek koneksi internasional dan regional dalam rangka mewujudkan percepatan pembangunan di Provinsi Bengkulu. Pembangunan yang baik harus terkoneksi dari berbagai aspek dan saling mendukung satu sama lain,\" tutur mantan Wakil Gubernur Bengkulu priode 2013-2015 ini.

Selain itu, hadir pula rombongan sebanyak 30 orang tamu istimewa dari negara Malaysia. Ada juga pegiat seni dan tari dari 4 negara yang ikut terlibat menampilkan kebudayannya, yakni dari negara Singapura, Bulgaria, Korea dan Rusia dalam rangka memperingati hari jadi Provinsi Bengkulu ini.

Pada kesempatan yang sama, Pemprov Bengkulu, dalam hal ini Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bersama Direktur Pendaftaran Penduduk Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Dr. Ir. David Yama, M.Sc, MA, meluncurkan gerakan Indonesia sadar adminduk atau GISA (Gerakan Indonesia Sadar Administrasi kependudukan) Provinsi Bengkulu. (HBN/ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: