166 Tukang Disertifikasi

166 Tukang Disertifikasi

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Program pelatihan atu uji sertifikasi pekerja konstruksi atau tukang direncanakan akan dilaksanakan minggu ke-3 bulan November ini. Program tersebut akan diikuti sebanyak 166 tukang yang mewakili masing-masing desa yang ada di Kabupaten Lebong.

Kepala Bidang (Kabid) Jasa Konstruksi (Jakon) Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRP) Kabupaten Lebong Eldi Satria ST mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan sertifikasi tukang sebelumnya kuota disiapkan sebanyak 200 orang.

“Namun hingga pendaftaran, hanya ada 166 tukang yang mendaftar,” jelasnya, kemarin (13/11).

Akan tetapi walaupun jumlah tukang yang mendaftar tidak memenuhi kuota yang disediakan, 166 pendaftar sudah dianggap banyak dan mewakili desa yang ada di Kabupaten Lebong. Sementara untuk kekurangan kuota, sesuai dengan rencana sebelumnya, kemungkinan akan diambil tukang dari pihak rekanan (kontraktor).“Pihak kontraktor sebelumnya juga telah kita minta untuk menyiapkan tukang mereka,” ujarnya.

Ditambahkan Eldi, dana sertifikasi tukang telah dianggarkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (ABPD) Lebong taun 2018 sebesar Rp 180 juta. Dalam pelaksanaannya, Bidang Jakon bekerjasama dengan balai II Bidang Jasa Konstruksi Palembang dan Bidang Jasa Konstruksi Dinas PU Provinsi Bengkulu.

“Nanti setelah mengikuti, para pekerja konstruksi akan mendapatkan sertifikat bahwa mereka telah memiliki keahlian,” tutur Eldi.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: