493 Rumah Bakal Dibedah

493 Rumah Bakal Dibedah

ULU MANNA, Bengkulu Ekspress– Pada tahun 2018 Pemda Bengkulu Selatan (BS) melalui dinas perumahan dan pemukiman (Perkim) mendapatkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 493 rumah tidak layak huni. Program tersebut digulirkan dan diserahkan secara simbolis oleh Pelaksana tugas (plt) Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi SE MM, kemarin (31/10).

“ Pada Program BSPS ini untuk 493 rumah tidak layak huni sudah direalisasikan yang ditandai oleh penyerahan buku tabungan oleh Plt Bupati,” kata Kepala dinas Perkim Bengkulu Selatan, Darmawansyah SE.

Darmawan mengatakan, ke-493 rumah yang dibedah tersebut tersebar di 3 kecamatan yakni Kecamatan Ulu Manna, Air Nipis dan Kecamatan Seginim. Adanya program ini, sambung Darmawan sebagai stimulan dari pemerintah kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Sehingga diharapkan meningkatnya keswadayaannya dalam pemenuhan rumah layak huni. Dengan begitu, warga miskin di Bengkulu Selatan dapat memiliki rumah layak huni.“ Tujuan dari program ini, agar warga miskin bisa memikiki rumah layak huni,” ujarnya.

Darmawan mengatakan program BSPS ini terbagi dua yakni Pembangunan Baru (PB) dengan klasifikasi PB sebagai pengganti rumah warga yang tidak layak huni dan Peningkatan Kualitas (PK) yakni dengan klasifikasi kerusakan ringan, sedang dan berat.

Adapun kriteria warga yang menerima program ini sambung Darmawan yakni ketidaklayakan rumah dengan luas lantai kurang dari 7,2 meter persegi, Jenis atapnya terbuat dari daun atau sejenis lainnya. Kemudian lantainya tanah, tidak mempunyai akses sanitasi yang layak, sumber penerangan bukan listrik, tidak ada akses air minum yang layak serta dinding rumah terbuat dari bambu atau sejenisnya.

“ Mudah-mudahan program ini sukses, sehingga ke depan tidak ada lagi warga Bengkulu Selatan yang tidur di rumah yang tidak layak huni,” harap Darmawan. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: