4 Koperasi Tak Aktif

4 Koperasi Tak Aktif

\"Logo-Koperasi\"BENTENG, BE - Peran koperasi dalam membantu perekonomian, khususnya ekonomi rumah tangga sebenarnya sangat dirasaka masyarakat. Namun sayangnya tidak semua koperasi yang ada aktif beroperasi. Hal ini membuat masyarakat tidak bisa maksimal memanfaatkan dana koperasi.

Berdasarkan data yang terdapat di Dinas perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop & UKM) Benteng, setidaknya ada sekitar 4 koperasi yang tak aktif lagi. Jumlah itu dari total sektar 19 koperasi yang ada di Bumi Maroba Kite Maju ini.

\"Sebenarnya sangat disayangkan jika sampai tidak aktif lagi, apalagi dana bantuan ke koperasi ini setiap tahunnya ada,\" ujar Kadisperindagkop & UKM Benteng yang baru H Amirul SH,MH.

Koperasi  yang tak aktif lagi itu antara lain, Koperasi Usaha Baru (Taba Penanjung), Koperasi Selupu Lama (Karang Tinggi), Koperasi Utomo (Pekik Nyaring) dan Koperasi Balai Buntar (Sunda Kelapa).

Amirul menambahkan, Dinas Koperasi selalu terbuka kepada seluruh lapisan masyarakat, yang ingin mengembangkan usaha perekonomian, termasuk mengembangkan koperasi. Karena hal itu memang menjadi tugas dan fungsi SKPD ini. Yakni meningkatkan segala usaha yang berhubungan dengan perindustrian dan perdagangan, baik itu skala besar, menengah dan  kecil/mikro.

Untuk lebih mengintensifkan fungsi koperasi, agar berada pada jalur kegiatan yang benar, maka Dinas Koperasi melakukan pendataan langsung ke lapangan. Karena dalam setiap pendirian koperasi ada tujuan dititik beratkan pada fungsi koperasi sebagai  salah satu penopang ekonomi masyarakat. \'\'Kedepannya kita juga mencari solusi agar koperasi yang ada saat ini dapat terus aktif, sehingga dapat membantu usaha pemerintah dalam mensejahterakan perekonomian masyarakat,\"terangnya.(111)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: