Lima Formasi Guru Kosong

Lima Formasi  Guru Kosong

BENGKULU, Bengkulu Ekpress - Meski formasi guru paling banyak diminati oleh pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) sampai 1.472 pelamar , namun demikian ada lima formasi guru di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu masih kosong. Formasi itu untuk guru teknik pengelasan, guru teknologi informasi dan komunikasi (TIK), guru nautika kapal penangkap ikan, guru teknik komputer dan jaringan dan guru pengawasan mutu.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Ir Diah Irianti MSi mengatakan untuk 5 formasi yang masih kosong itu masih akan ditunggu sampai penutupan pendaftaran pada tanggal 15 Oktober mendatang. \"Kita tunggu, mungkin yang mendaftar masih mempersiapkannya. Jadi masih ada waktu, jika ada pelamar yang ingin mendaftar di jurusan itu,\" terang Diah kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (8/10).

Dijelaskannya, untuk formasi guru yang lainnnya sudah terisi semua, dengan total yang mendaftar mencapai 1.472 pelamar dari 201 kuota CPNS yang tersedia. Untuk guru paling banyak dilamar ialah guru keperawatan ahli pertama sebanyak 49 orang.

Begitupun dengan tenaga kesehatan, juga untuk formasi dokter banyak yang kosong pelamar. Sebab, hanya ada 4 formasi dokter yang sudah terisi, yaitu dokter spesialis syaraf 1orang pelamar, dokter spesialis bedah syaraf 1 pelamar, dokter spesialis orthopedi 1 pelamarĀ  dan terbanyak dokter umum sebanyak 10 pelamar.

\"Formasi tenaga kesehatan itu yang daftar sudah sampai 173 orang dan yang mendaftar itu rata-rata bukan untuk dokter,\" tambahnya.

Untuk tenaga teknis, yang mendaftar juga sudah banyak mencapai 1.443 pelamar. Pendaftar itu membludak dari jumlah kuota tersedia, yaitu hanya 61 CPNS. Rata-rata formasi tenaga teknis terisi oleh pendaftar. \"Kalau untuk teknis memang sudah banyak sekali. Padah kuota yang tersedia itu hanya 61 CPNS,\" beber Diah.

Sampai dengan kemarin (8/10), total pelamar disemua formasi mencapai 3.088 orang. Pelamar yang paling banyak mengambil jabatan analisis perencanaan 345 orang dan analisis laporan keuangan sebanyak 219 orang. Untuk pelamar disabilitas, pemprov hanya menerima lamaran 1 orang dan untuk lulusan terbaik, sampai dengan saat ini masih kosong pendaftar. \"Dari semua formasi, dua jurusan ini paling banyak diminati,\" terangnya.

Diah menjelaskan, BKD sudah mulai melakukan verifikasi berkas pendaftaran yang dikirimkan melalui kantor pos. Total berkas yang sudah diterima mencapai 665 berkas. Dari total berkas itu, hanya 389 berkas yang lolos seleksi pendaftaran.

Sementara yang tidak lolos verifikas meningkat dari 16 orang menjadi 18 orang. Tidak lolosnya itu, masih karena berkas yang dikirim tidak dilegalisir dengan pihak yang berwewenang dan kualifikasi pendidik, juga tidak sesuai dengan syarat yang ditentukan. Untuk itu, bagi yang tidak lolos, maka BKD memastikan tidak perbaikan berkas. \"Kita tidak memberikan waktu untuk perbaikan berkas. Jadi yang tidak lolos, langsung otomatis gugur,\" jelasnya.

Verifikasi berkas pendaftaran masih akan terus dilakukan. Sebab, masih banyak berkas yang belum diverifikasi. Mengingat banyak jumlah yang masuk. Agar tidak terlamat dilakukan verifikasi, maka BKD meminta pelamar untuk segara mengirimkan ke kantor pos terdekat.

Sebab, sampai tanggal 16 Oktober mendatang, BKD tidak akan menerima lagi berkas untuk diverifikasi. \"Untuk itu dari jauh hari silahkan disiapkan dan jika sudah siap, segeralah untuk mengirimkan berkas itu. Agar bisa diverifikasi,\" pungkas Diah. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: