Kembangkan Koperasi Melalui Dana Bergulir

Kembangkan Koperasi Melalui Dana Bergulir

Gebrakan 100 Hari Helmi-Linda

\"Helmi.jpg\"BENGKULU, BE - Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu, H Helmi Hasan SE dan Ir Patriansa Sosialinda benar-benar ingin mewujudkan perubahan dalam 100 hari masa jabatannya. Berbagai gebrakan pun terus dilakukannya sejak dilantik 21 Januari lalu.  Seperti Sabtu kemarin, Wakil Walikota Ir Patriana Sosialinda memberikan bantuan dana bergulir kepada 4 koperasi di Kota Bengkulu.

Pemberian bantuan ini dipusatkan di Masjid Sabilul Jinaan Jalan Merpati V RT 19 Kelurahan Rawa Makmur. Bantuan tersebut diberikan untuk menumbuh-kembangkan koperasi-koperasi guna mewujudkan masyarakat kota yang kreatif dan sejahtera.

Masing-masing koperasi yang mendapatkan bantuan bervariasi, seperti Koperasi Permata Rawa Makmur mendapatkan bantuan sebesar  Rp 50 juta, Koperasi Mutiara  Rp 50 juta, Koperasi Melati sebesar  Rp 25 juta dan Koperasi Nelayan Kota diberikan bantuan sebesar  Rp 35 juta.

Dalam kesempatan itu, Wawali meminta agar koperasi perempuan yang ada di Kota Bengkulu dapat tumbuh mandiri dan cekatan dalam menjalankan perkoperasian.  Hal ini sangat penting untuk mendongkrak perekonomian masyarakat Kota Bengkulu guna memberantas kemiskinan.

“Dengan adanya bantuan ini, Pemerintah Kota berharap agar koperasi menjadi bagian pendukung perkembangan ekonomi di Kota Bengkulu,” ujar Wakil Walikota.

Selain itu, ia juga meminta agar bantuan yang diberikan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mengembangkan dan membesarkan koperasi. Karena bantuan tersebut hanya bersifat stimulan atau sebagai perangsang agar anggota dan pengurus koperasi lebih aktif lagi untuk meningkatkan penghasilan melalui berbagai usaha di koperasi.

Menurutnya, koperasi merupakan salah wadah untuk menyalurkan kreatifitas kaum ibu yang selama ini hanya bergantung penuh pada suami.

Kedepannya Wawali pun berharap melalui koperasi, kaum ibu bisa meringankan beban dan menambah pendapatan keluarga. Di bagian lain, Kepala Dinas Koperasi dan PPKM kota Bengkulu,  Drs Sudarto WS MSi dalam sambutannya mengatakan jumlah bantuan yang diberikan kepada masing-masing koperasi memang bervariasi.

Namun ia berharap bantuan tersebut dapat berlipat ganda dalam beberapa bulan kedepan, karena pada prinsipnya bantuan itu diberikan untuk modal awal koperasi agar bisa berkembang dan maju.  Jika koperasi tersebut sudah berkembang pesat, maka dananya pun akan digulirkan kepada koperasi lainnya yang membutuhkan bantuan.

\"Saya yakin ibu-ibu anggota dan pengurus koperasi ini akan mampu menjalankan koperasi dengan bantuan seadanya ini, dan saya harap koperasi yang mendapat bantuan ini akan berkembang pesat hingga mampu meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi angka kemiskinan di Kota Bengkulu,\" ujarnya.

Kedepan pihaknya akan terus memberikan perhatian khusus kepada semua koperasi yang ada di kota Bengkulu dalam hal memberikan suntikan modal.(400)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: