Pendaftar CPNS Pemprov Bengkulu Membludak

Pendaftar CPNS  Pemprov Bengkulu Membludak

Menpan RB Belum Respon CPNS Kota

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Pendaftar calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018 di Pemerintah Provinsi (Pemprov) mulai kelihatan membludak. Setidaknya hingga, sudah ada 1.150 orang yang resmi mendaftar. Jumlah itu melebihi kuota pemprov yang hanya 317 CPNS.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Ir Diah Irianti MSi mengatakan, dari 1.150 orang mendaftar, masih sangat minim yang telah menyerahkan berkas ke BKD Provinsi melalui kantor pos. Terhitung hanya ada 117 orang yang telah menyerahkan berkas.

\"Kita minta segera menyerahkan berkas. Karena verifikasi sudah kita mulai,\" terang Diah kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (4/10).

Dikatakannya, penyerahaan berkas pedaftaran itu menjadi hal yang wajib dilakukan. Sebab, jika tidak dilakukan maka dipastikan pendaftar itu akan dicoret. \"Sudah kita berikan kelonggaran, sampai 16 Oktober terakhir penyerahaan berkas pendaftaran,\" paparnya.

Semua berkas pendaftaran yang telah diserahkan akan dilakukan verifikasi. Termasuk berkoordinasi kepada Badan Kepegawaian Nasional (BKN) atas kelengkapan berkas pendaftaran. Setelah semua selesai, maka akan diumumkan bagi pendaftar yang lolos seleksi administrasi pada tanggal 21 Oktober mendatang. \"Siang malam tim verifikasi kita melihat dan menilai mana yang telah lengkap dan tidak,\" tutur Diah.

Selanjutnya, para pendaftar yang telah lolos seleksi adminitrasi akan menjalankan tes computer assisted test (CAT). Tes tersebut terbagi menjadi dua pelaskanan. Untuk pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) akan digelar pada tanggal 16 Oktober sampai 17 November. Sementara tes seleksi kompetensi bidang (SKB) dilakukan pada tanggal 22 November hingga 28 November mendatang. \"Jadi pada tanggal 3 Desember mendatang, maka sudah diketahui mana yang lolos menjadi CPNS dan tidak,\" ungkapnya.

Secara teknis, dalam pelaksanaan tes CAT CPNS pemprov yang digelar di UPT BKN Provinsi, sudah siap. Termasuk penambahaan komputer juga sudah dilakukan. Untuk pelaksaannya semua dihendel langsung oleh BKN. BKD maupun pemda lainnya hanya memfasilitasi, agar pelaksanan tes CPNS itu bisa berjalan dengan lancar. \"Murni pelaksanaanya nanti dari BKN. Jadi kita hanya menghantarkan saja. Untuk itu, mulai saat ini masyarakat silahkan pahamai dan belajar terus, agar tes CAT nanti bisa lolos,\" pungkas Diah.

Pembatalan CPNS Kota Bengkulu Belum Direspon

Meski Pemkot Bengkulu telah mengajukan surat permohonan pembatalan pelaksanaan CPNS tahun anggaran 2018 ke Badan Kepegawaian Negara (BKN), tetapi portal pendaftaran CPNS untuk Kota Bengkulu di website SSCN belum di kunci oleh Menpan RB dan BKN. Tidak heran jika Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bengkulu menemukan ada sekitar 48 orang sudah mendaftar.

Menurut Kabid Pengembangan Data da Pembinaan Aparatur BKPP Kota Bengkulu, Ali Martono, sebagian besar masyarakat yang mendaftar tersebut adalah masyarakat dari luar Kota Bengkulu. \"Sejak ada pemberitaan terkait pembatalan tes CPNS, tidak ada lagi masyarakat Kota Bengkulu mendaftar,\" jelas Ali, kemarin (4/10).

Sampai saat ini, surat permohonan pembatalan pelaksanaan CPNS tersebut belum mendapatkan tanggapan dari Menpan RB atau BKN. Tidak heran jika website masih aktif, sehingga memancing masyarakat yang belum tahu untuk mendaftar. BKPP mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin mendaftar CPNS di Kota Bengkulu untuk mengurungkan niatnya sampai ada konfirmasi lebih lanjut dari pusat.

Karena jika tetap mendaftar jelas percuma, karena belum ada kejelasan terkait diterima atau tidaknya pembatalan tes CPNS di Kota Bengkulu oleh Menpan RB. \"Kami minta kepada masyarakat untuk tidak mendaftar sampai batas waktu yang belum ditentukan,\" imbuh Ali.

Masih dikatakan Ali, belum ada kejelasan kapan tanggapan dari Menpan RB dan BKN tersebut resmi dikeluarkan terkait pembatalan tes CPNS tersebut. \"Belum ada kepastian terkait hal tersebut, tetapi setelah Kepala Badan nanti pulang kita akan melakukan rapat internal memutuskan hal tersebut,\" pungkas Ali.(167/151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: