Cangkang Sawit Tampil di TTG

Cangkang Sawit Tampil di TTG

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Kabupaten Mukomuko akan mengikuti gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat nasional. Direncanakan Pemkab Mukomuko akan menampilkan olahan cangkang sawit yang merupakan TTG asal Desa Mekar Jaya Kecamatan Teras Terunjam.

”Kegiatan TTG tingkat nasional itu akan berlangsung Oktober mendatang, bertempat di gedung Wisnu Kencana,Bali,”ungkap Kepala Dinas Pemerintahan dan Desa Kabupaten Mukomuko, Saroni melalui Kabid Sumber Daya Alam dan TTG, Ngadiyono dikonfirmasi Bengkulu Ekspress.

Menurutnya, cangkang sawit yang merupakan limbah dari hasil tandan buah segar (tbs) itu,oleh masyarakat yang bekerjasama dengan BUMDesa setempat berhasil menjadikan cangkang sawit menjadi tiga produk yang sangat bermanfaat yakni, arang yang merupakan kebutuhan dunia berupa bahan karbon yang di peruntukan diantaranya bahan untuk pembuatan besi,ban, magnet dan lainnya.

Arang lembut atau abu serta asap dari pengolahan itu dijadikan pupuk. “Khusus arang, merupakan kebutuhan dunia berupa bahan karbon. Penjualannya hingga ke Timur Tengah. Warga yang memiliki produk itu bersamaan dengan produk yang sama yang dihasilkan kelompok masyarakat dari wilayah Silaut Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat dan Jambi,”bebernya.

Produk olahan itu satu-satunya di Kabupaten Mukomuko hingga telah dijual ke luar Indonesia. Ia juga menyampaikan, potensi suatu produk yang dilakukan masyarakat di Kabupaten Mukomuko masih cukup banyak. Saat ini pihaknya masih melakukan inventarisir lebih lanjut. Sehingga nantinya potensi yang ada itu dapat lebih dikembangkan. Selain dalam pengembangan itu akan lebih banyak merekrut tenaga kerja, juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

”Kita akan berupaya lebih optimal dalam memberikan dukungan dan memotivasi warga di desa/kelurahan yang mempunyai potensi produk yang dapat dikelola dengan baik dan memberikan hal yang positif,”lanjut Ngadiyono.(900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: