e-KTP Banyak Salah

e-KTP Banyak Salah

 \"e-ktp\"BENTENG, BE  - Ratusan warga di Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Benteng terpaksa menunda niatnya membuat dan mendapatkan e-KTP. Penundaan itu dilakukan setelah operator perekaman e-KTP menemukan data ratusan warga dalam Kartu Keluarga (KK) terdapat kesalahan, terutama soal nama dan tanggal lahir.

Sekdes Taba Terunjam, Azhari mengatakan, kalau warganya terpaksa harus mundur membuat e-KTPdari jadwal yang telah ditentukan. Lantaran terdapat ketidakcocokan saat mereka memulai perekaman e-KTP di kecamatan.

\"Data mereka yang di KK ini ketahuan salah setelah mereka dipanggil saat giliran perekaman.Pada saat itu mereka protes, kenapa namanya enggak sesuai. Setelah tahu salah, petugas perekaman pun mempersilakan warga untuk membuat ulang KK di desanya. Kebanyakan yang salah itu di nama dan tanggal lahir,\" ujar Azhari.

Banyaknya data yang salah itu, membuat perangkat desa harus mendata dan memeriksa ulang kembali warga yang di dalam KK-nya terdapat kesalahan. Petugas dari desa harus mencocokkan kembali nama dan tanggal lahir yang sesuai permintaan warga yang bersangkutan.

Kondisi yang tak jauh berbeda juga disampaikan Kades Renah Semanek, Halis. Berdasarkan hasil yang didapat di Dukcapil Benteng jika warga yang dinyatakan datanya salah. Mereka harus memperbaiki kembali hingga usai. Harus dimaklumi, pendataan yang dilakukan hingga ke tingkat paling bawah tanpa didampingi oleh petugas Dukcapil. Hal ini memang rawan terjadi kesalahan.

\"Maklum saja kalau mengurusi orang banyak, biasa terjadi seperti itu. Tapi kami harap, ini tak terulang kedua kali. Setelah data yang valid selesai, barulah diperbolehkan merekam data e-KTP lagi,” ujar Halis.(111)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: