Distan Benteng Pantau Kesehatan Hewan Kurban

Distan Benteng Pantau Kesehatan Hewan Kurban

BENTENG, Bengkulu Ekspress - Menjelang hari raya Idul Adha 2018, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) akan melakukan pengawasan terhadap seluruh hewan kurban.

\"Seluruh hewan kurban nanti tentu saja akan kami awasi. Mulai dari kesehatan fisik (cacat atau tidak,red) hingga pemeriksaan secara keseluruhan,\" kata Kepala Distan Kabupaten Benteng, Drs Supawan Said melalui Kabid Peternakan, Desi Murdiati SP MSi, kemarin (6/8).

Selain itu, ungkap Desi, Distan Kabupaten Benteng akan menggelar sosialisasi kepada seluruh petugas pemotongan hewan serta pengumpul hewan kurban. Hal ini perlu dilakukan agar ternak yang beredar di Kabupaten Benteng benar-benar sehat untuk dikonsumsi.

\"Dalam waktu dekat, petugas pemotongan hewan yang ada di seluruh masjid-masjid se-Kabupaten akan diberikan bimbingan teknis. Dengan demikian, mereka bisa memahami kondisi fisik hewan secara kasat mata. Tak hanya itu, penyembelihan juga mesti dilakukan dengan baik sesuai dengan ketentuan,\" paparnya.

Secara teknis, jelas Desi, pemotongan hewan harus dilakukan secara steril. Baik tempat untuk meletakan daging segar hingga kresek (plastik,red) yang dipakai untuk disalurkan ke penerima daging.\"Saat dipotong, daging tidak boleh diletakkan secara sembarangan agar tak terkontaminasi dengan zat-zat berbahaya.

Selain itu, kami mengimbau kepada panitia kurban agar tidak memanfaatkan kresek berwarna, sebab itu merupakan kresek hasil daur ulang. Gunakanlah kresek berwarna bening,\" imbuhnya. Ketika ditanya mengenai jumlah hewan kurban yang akan dipotong nantinya, sambung Desi, pihaknya bum melakukan pendataan secara lengkap.

Sebab itu, Desi mengaku akan menyebarkan para tim pengawasan dibsetiap titik pemotongan hewan kurban.\"Kami akan membentuk tim khusus dari Distan Kabupaten Benteng untuk mendata hewan kurban. Setiap kecamatan nantinya akan diawasi oleh 3-4 orang,\" demikian Desi.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: