Pencetakan E-KTP Terhenti

Pencetakan E-KTP Terhenti

BENTENG, Bengkulu Ekspress - Proses pencetakan kartu tanda kependudukan elektronik (KTP-E) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) sempat terhenti selama 2 (dua) hari. Sejak hari Selasa (31/7) hingga Rabu (1/8). Hal ini terjadi akibat koneksi internet di Dinas Dukcapil Kabupaten Benteng mengalami gangguan.

\"Karena tidak ada koneksi internet, pencetakan kartu E-KTP terpaksa kami hentikan selama 2 hari,\" ungkap Sekretaris Dinas Dukcapil Kabupaten Benteng, Adnan Kasidi SE, kemarin (2/8).

Dari hasil koordinasi dengan pihak Telkom, pihaknya mendapatkan penjelasan bahwa terdapat kerusakan pada jaringan kabel optik yang berada di ruas jalan Kabupaten Benteng, yakni dari Desa Karang Tinggi menuju Desa Pelajau, Kecamatan Karang Tinggi. \"Gangguan internet terjadi dikarenakan kabel optik milik PT Telkom yang terpasang di bahu jalan putus yang disebabkan aktivitas alat berat yang saat ini sedang melakukan pelebaran jalan di ruas jalan tersebut,\" ungkap Adnan.

Menyikapi hal ini, Adnan sudah menyampaikan laporan ke tim teknis PT Telkom untuk melakukan perbaikan. Hal ini perlu dilakukan agar pelayanan masyarakat dalam hal pencetakan kartu E-KTP bisa dilakukan dengan lancar. Sebab, saat pencetakan kartu E-KTP, perangkat komputer server di Dinas Dukcapil Kabupaten Benteng mesti terkoneksi dengan sarver yang ada di Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

\"Dalam kondisi normal, Dinas Dukcapil Kabupaten Benteng mampu mencetak sebanyak 200 blangko E-KTP. Setelah diperbaiki, pencetakan bisa kembali dilakukan sejak hari ini (kemarin,red),\" demikian Adnan.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: