Kantor Koperasi Rafflesia Diresmikan Koperasi Diminta Tingkatkan SHU

Kantor Koperasi Rafflesia Diresmikan Koperasi Diminta Tingkatkan SHU

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress - Dinas Perdagangan, Industri, Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Benteng menggelar acara peresmian (launching) kantor Koperasi Serba Usaha (KSU) Rafflesia, di Desa Kembang Seri, Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Benteng, Selasa (17/) kemarin.

Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Benteng, Dr Hendrik Oktober didampingi Sekretaris, Hj Sri Yurdaniyah MSi mengatakan, peresmian kantor ini dilaksanakan sekaligus untuk memeriahkan hari ulang tahun (HUT) koperasi ke-71. Melalui kesempatan ini, Hendrik Oktober mengharapkan agar KSU Rafflesia serta koperasi lain bisa lebih maksimal dan berkembang.

\"Kami harap agar koperasi bisa meningkatkan sisa hasil usaha (SHU) pertahun. Ini merupakan barometer sehatnya koperasi,\" kata Hendrik.

Selain mengalami perkembangan pesat, Hendrik juga mengingatkan agar koperasi juga rutin melaporkan hasil rapat anggota tahunan (RAT) setiap tahun. \"RAT merupakan indikator rapinya managemen koperasi,\" tandasnya. Lebih lanjut, Hendrik mengungkapkan bahwa koperasi di Kabupaten Benteng mengalami penambahan secara signifikan.

Jika pada tahun 2017 lalu hanya berjumlah 90 koperasi, saat ini sudah mencapai 190 koperasi. \"Dari 190 koperasi, semuanya sudah berbadan hukum dan anggota total sebanyak 8.853 serta memiliki volume (aset) senilai Rp 16 miliar,\" pungkasnya. Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Benteng, Tarmizi SSos mengungkapkan hal senada. \"Dari hasil penilaian, KSU Rafflesia dinobatkan sebagai koperasi terbaik di Kabupaten Benteng. Kami harap agar koperasi lain bisa berlomba-lomba untuk mengembangkan koperasi masing-masing,\" harap Tarmizi.

Pria yang juga menjabat selaku Kabid Kompolmas Badan Kesbangpol Kabupaten Benteng ini menuturkan, kesuksesan KSU Rafflesia tidak terlepas dari dukungan seluruh anggota yang tetap berkomitmen untuk memajukan koperasi yang telah lama dirintis.

\"Keberhasilan ini tak terlepas dari semangat anggota untuk meminjam dan semangat untuk mengembalikan. Tanpa itu, koperasi tentu saja tak akan bisa berkembang,\" tutur Widodo.

Di sisi lain, perwakilan dari Dekopin Wilayah Provinsi Bengkulu, Iskandar yang hadir pada kesempatan itu menyampaikan bahwa saat ini pihaknya sudah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan agar dapat memberikan jaminan kepada koperasi dan anggota. \"Bagi yang belum mengikuti BPJS Ketenagakerjaan, kami mengajak untuk segera mendaftar,\" ajak Iskandar.

Pantauan Bengkulu Ekspress, gedung KSU Rafflesia diresmikan langsung oleh Staf Ahli Kemasyarakat Setda Pemkab Benteng, Dra Hj Martini. Pada kesempatan itu, Disperindagkop dan UKM Kabupaten Benteng memberikan penghargaan kepada 5 koperasi terbaik. Yakni, 2 koperasi yang memiliki aset di atas Rp 500 juta (KSU Rafflesia dan Koperasi Harapan Baru PT Bio) serta 3 koperasi yang tercepat menyampaikan RAT (koperasi BNT Sunda Kelapa, Koperasi Perempuan Mandiri Pekik Nyaring dan KSU Rafflesia).(135/prw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: