Menteri, Pengusaha, hingga Akademisi Bakal Turun Gunung

Menteri, Pengusaha,  hingga Akademisi  Bakal Turun Gunung

BENGKULU, Bengkulu Ekspress- Perebutan suara untuk calon legislatif (Caleg) bakal semakin sengit. Tidak hanya caleg DPRD Provinsi maupun kabupaten/kota saja, namun untuk kursi empuk DPR RI di Senayan. Bengkulu bakal menjadi Daerah pemilihan (Dapil) \"neraka\" bursa legislatif kali ini. Sebab, banyak tokoh populer \"turun gunung\" memperebutkan kursi di Dapil Bengkulu ini. Dari Partai Keadilan Pembangunan (PKB) mencalonkan 4 caleg DPR RI. Diantarnya, Eko Putro Sandjojo tokoh nasional yang juga Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi aktif saat ini.

Lalu ada, Herliado politisi dan juga Ketua DPW PKB Provinsi. Dua lagi perempuan yang juga aktif dipengurus DPP PKB, yang masih dirahasikan namanya. Lalu dari Partai Amanat Nasional (PAN) juga mengusung caleg DPR RI yang tidak kalah tenar. Ada nama Dewi Coryati yang saat ini juga anggota DPR RI dapil Bengkulu, lalu nama Ahmad Dasan yang juga Rektor Universitas Muhamadiyah Bengkulu (UMB) disebut ikut maju ke Senayan. Kemudian nama Beny Suharto dengan latar belakang pengusaha ikut mencalonkan diri dan terakhir nama Yenita Fitriani politisi PAN juga maju ke Senayan.

Dari Partai Hanura, mengusung nama Aswanto SH pengacara dari Kaur, Mujiburahman pengusaha batu bara dari Bengkulu Utara, Rini Susanti dari politisi yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPC Hanura Bengkulu Selatan dan nama Putri Alia Seregar salah satu aktifis dari DPP Hanura.

Begitupun Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga tidak kalah saing untuk menyodorkan caleg maju di DPR RI dapil Bengkulu. Ada nama Dani Hamdani PNS sekaligus tokoh pendidikan ikut maju. Lalu, Junaidi Albab Setiawan dari pengacara di Jakarta, Yurita aktifis perempuan di Bengkulu, Lidia dari akademisi. Kemudian dari Partai Gerindra, ada incumbent DPR RI dapil Bengkulu Susi Marleny Bachsin dan nama lain Partai Gerinda masih menyimpan rapat nama-nama balceg yang maju ke DPR RI dapil Bengkulu.

Begitupun Partai Golkar ada nama M Soleh mantan Ketua DPD RI ikut maju ke DPR RI, lalu Trisna Angraini politisi Golkar Bengkulu dan satu nama lagi politisi nasional yang diambil oleh Golkar Pusat. Dari Partai Nasdem, ada nama Leni John Latief ibu kandung Riri Damayanti yang saat ini senator termuda di Indonesia juga iktu maju.

Lalu nama Wismen Arazak dari politis, Anarulita Muchtar dari incumbent DPR RI dan Michael Ferly politis muda sekaligus anak Bupati Bengkulu Tengah Ferry Ramli juga ikut maju. Termasuk parpol-parpol lain juga ikut mencalonkan para bintang pada perebutan suara di DPR RI.

\"Pak Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasikita pastikan maju dari Dapil Bengkulu,\" ujar Ketua DPW PKB Provinsi Bengkulu, Herliado usai mendaftarkan parpolnya di KPU Provinsi Bengkulu, kemarin (17/6).

Herliado mengatakan, majunya Menteri aktif itu dilatar belakangi banyak program desa dan transmigrasi yang harus direalisasikan di Bengkulu. Sebab Bengkulu juga menjadi daerah tujuan transmigrasi. Termasuk untuk jabatan Menteri, saat ini Eko Putro Sandjojo juga akan mengambil cuti untuk pencalegkan. \"Transmigrasi di Bengkulu ini banyak, jadi sekaligus di program dia untuk calon di Bengkulu. Beliau juga cuti jadi menteri,\" tuturnya.

Untuk berkas pendaftaran PKB, juga dinyatakan lengkap oleh KPU. Sehingga resmi bisa menjadi peserta dalam pemilu tahun depan. \"Berkas sudah diterima dan resmi mendftar,\" paparnya.  Sementara Ketua DPW PAN Provinsi Bengkulu, Helmi Hasan yang langsung mendaftarkan parpolnya di KPU Provinsi menegaskan, partainya mencalegkan kadernya dari berbagai kalangan. Untuk DPRD Provinsi saja, dari 15 caleg yang didaftarkan ada 25 orangnya anak muda dari usia 22 sampai 45 tahun. 37 persen caleg perempuan. 60 persen dari kalangan aktivis gerakan dan pengusaha muda . Diantaranya seperti  Dempo Xler mantan Presiden Mahasiswa UNIB sekaligus aktivis HMI dan Ketua BM PAN Bengkulu . Lalu nama Zacky Antoni dengan latar belakang wartawan sekaligus menjabat sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bengkulu dan Presidium KAHMI. Ada juga pengusaha muda seperti Rama Eka Putra dapil Bengkulu Utara-Benteng, Billy dapil Seluma, Gustan dapil Kepahiang.

\"Kita partai yang mencari caleg. Seperti Zacky Antoni yang berkeinginan kuat untuk pemekaran Kabupaten Lembak, PAN sangat mendukung. Karena sampai saat ini belum ada titik terang,\" tegas Helmi.

Untuk target kursi di DPRD Provinsi, Helmi mengaku ditargetkan 9 kursi didapatkan. Target itu sudah dihitung secara rasional. Polanya dengan kerja terukur untuk mempu mencapai target tersebut. \"Kerja kita terukur, bukan dengan janji, kapanye hitam, berdebat. Tapi tolong di bumi maka diatas akan menolong,\" paparnya.

Begitupun dengan Ketua DPD Partai Gerinda Provinsi Bengkulu, Susi Marleny Bachsin mengatakan, target partainya dapat mengusai satu kursi untuk satu dapil pada DPRD Provinsi. Termasuk DPR RI, juga mampu didapatkan 1 kursi. \"Target kita menang dan alhamdulilah kita juga sudah resmi mendaftar ke KPU Provinsi,\" terang Susi.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra SAg MM mengatakan, dihari terakhir semua parpol sudah melakukan pendaftaran. Tinggal lagi, KPU akan melakukan pleno penetapan parpol yang siap bertarung dalam pemilu tahun 2019 mendatang. \"Pleno kita besok (hari ini/red) dan pukul 00.00 WIB malam tadi, sudah resmi ditutup untuk pendaftaran parpol,\" jelas Irwan.

Dalam penutupan pendaftaran parpol, juga dipastikan tidak ada penambahaan waktu pendaftaran. Mengingatkan sistem aplikasi pencalonan (silon) tertutup secara otomatis pada hari terakhir pendaftaran. Artinya, parpol tidak bisa lagi melakukan pendaftaran. n\"Sistem sudah off. Tinggal lagi kita lanjutkan ke tahap selanjut,\" terangnya.

Bagi baceleg yang kurang lengkap berkas secara pribadi, bisa dilengkapi sampai tanggal 21 Juli ini. Baik itu SKCK, keterangan kejiwaan, LHKPN, hingga berkas pribadi lainnya.  \"Yang belum lengkap berkas secara personal bacaleg, bisa melengkapi dihari berikutnya,\" pungkas Irwan. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: