Mukomuko Juara I Menu B2SA

Mukomuko Juara I Menu B2SA

  \"Ary,

CURUP, Bengkulu Ekspress - Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu bersama TP PKK Provinsi Bengkulu menggelar lomba cipa menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA). Dalam kegiatan yang dipusatkan Diklat Danau Mas Harun Bastari Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong tersebut keluar sebagai juara tim dari Kabupaten Mukomuko.

Dengan diraihnya juara I oleh tim dari Kabupaten Mukomuko tersebut, maka menurut Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Ir Ramlan MMA, maka Mukomuko yang akan mewakili Provinsi Bengkulu dalam lomba cipta menu B2SA tingkat nasional pada tahun 2019 mendatang.

Sedangkan untuk yang mewakili Provinsi Bengkulu dalam lomba cipta menu B2SA tahun 2018 yang akan dilaksanakan di Kalimantan Selatan adalah Kabupaten Rejang Lebong yang menang pada tahun 2017 lalu.

\"Pemenang pada tahun ini akan mewakili Provinsi Bengkulu dalam ajang serupa ditingkat nasional pada tahun 2019 mendatang, karena untuk tahun 2018 ini sudah diwakilkan oleh Kabupaten Rejang Lebong,\" sampai Ramlan dalam sambutannya.

Dijelaskan Ramlan, kegiatan lomba Cipta Menu B2SA selain untuk seleksi ketingkat nasional, juga sebagai salah satu kegiatan untuk memeriahkan HUT Emas Provinsi Bengkulu ke-50 pada tahun 2018 ini.

Dijelaskan oleh Ramlan kegiatan Lomba Cipta Menu B2SA yang mereka lakukan kemarin adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun secara berjenjang. Karena menurutnya kegiatan tersebut mereka lakukan mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga ke nasional.

\"Kami sangat mengharapkan dukungan pemerintah dan masyarakat dalam upaya mewujudkan diverifikasi pangan,\" sampainya.

Diverifikasi pangan yang ia maksud adalah agar masyarakat tidak tergantung pada satu jenis pangan saja seperti beras. Hanya saya menurutnya program diverifikasi pangan tersebut tidak untuk mengganti beras secara total, tetapi mengubah pola konsumsi pangan masyarakat sehingga tidak bergantung pada berash dan mengkunsumsi lebih banyak jenis atau ragam pangannya baik untuk jenis pangan sumber karbohidrat, protein, vitamin hingga mineral.

Menurut Ramlan Lomba Cipta Menu B2SA ini sangat penting bagi ketiap, karena dengan adanya kegiatan tersebut keluarga khususnya ibu-ibu bisa menciptakan beragam menu terlebih lagi dengan memanfaatkan pangan lokal yang bersumber dari pemanfaatan pekarangan.

Sementara itu, Plt Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA yang hadir dalam kesempatan tersebut berharap agar kegiatan lomba Cipta Menu B2SA ini benar-benar bisa direalisasikan ib-ibu rumah tangga di Provinsi Bengkulu. Jangan sampai hanya sekedar lomba saja sedangkan dirumah hanya satu menu saja selama satu hari.\"Saya harap hasil dari lomba ini bisa diaplikasikan dirumah, jangan hanya lomba-lomba saja,\" harap Plt Gubernur.

Karena dengan menerapkan Menu B2SA, maka menu yang akan dihadirkan dirumah adalah menu yang menarik, enak gurih sehingga tidak membosankan bagi keluarga.

Untuk menciptakan menu yang berkualitas, menurut Plt Gubernur tidak mesti dari bahan-bahan yang mahal, namun bisa diambil dari pekarangan sendiri, oleh karena itu ia mengajak masyarakat untuk menggalakkan memanfaatkan pekarangan.\"Untuk menjaga ketersiadaan bahan pangan, kita bisa memanfaatkan pekarangan rumah kita,\" ajak Plt gubernur.

Dalam menghadirkan menu B2SA, menurut Rohidin ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu pastikan kondisi bahannya aman dan sehat, kemudian, olah sebaik mungkin dengan menjadikannya beragam.\"Kalau bisa dalam seminggu itu menunya berbeda-beda sehingga keluarga kita tidak bosan,\" pesan Plt Gubernur.

Sementara itu, Bupati Rejang Lebong DR H A Hijazi SH MSi menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu yang telah mempercayakan Rejang Lebong sebagai tuan rumah lomba Cipta Menu B2SA tingkat Provinsi Bengkulu.

Bupati mengaku, kegiatan tersebut juga dimanfaatkan oleh Kabupaten Rejang Lebong untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong terutama Danau Mas Harun Bastari yang akan dijadikan sebagai lokasi Festival Internasional Garden Flower yang akan dipusatkan di Danau Mas Harun Bastari.\"Ini merupakan bagian dari kegiatan kita untuk mempromosikan wisata yang ada di Rejang Lebong dalam rangka menyambut Festival Internasional Golden Flower,\" sampai bupati.

Dalam kegiatan tersebut, selaian Kabupaten Mukomuko sebagai juara I untuk juara II diraih oleh Kabupaten Kepahiang, kemudian juara III diraih oleh Kabupaten Kaur.Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Lebong, Wakil Bupati Rejang Lebong, Ketua DPRD Rejang Lebong bersama unsur FKPD Rejang Lebong, Sekda Kepahiang serta unsur OPD baik dari Provinsi Bengkulu maupun Kabupaten Rejang Lebong. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: