Bank Bengkulu Usulkan 10 Pelaku UMKM

Bank Bengkulu Usulkan 10 Pelaku UMKM

CURUP, Bengkulu Ekspress - Seiring dengan diluncurkannya program bina lingkungan dari Bank Bengkulu (BB) untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Bank Bengkulu Cabang Curup mengusulkan 10 pelaku UMKM di Rejang Lebong untuk mendapatkan program tersebut.

\"Untuk program bila lingkungan, saat ini sudah kita usulkan 10 pelaku UMKM ke kantor pusat untuk diverifikasi kelayakannya,\" terang Kepala Cabang Bank Bengkulu Cabang Curup, Zulkarnain SE.

Dijelaskan Zulkarnain, dalam program bina lingkungan ini, Bank Bengkulu akan memberikan bantuan permodalan bagi pelaku UMKM di Kabupaten Rejang Lebong dan di Provinsi Bengkulu pada umumnya. Dimana dalam program tersebut, Bank Bengkulu akan memberikan pinjaman untuk modal usaha, besaran pinjaman yang disiapkan Bank Bengkulu dalam program ini mulai dari Rp 10 juta hingga maksimal Rp 25 juta. \"Pinjaman minimal dalam program ini yaitu Rp 10 juta dan maksimal Rp 25 juta,\" tambah Zulkarnain.

Untuk mendapatkan bantuan tersebut, Zulkarnain mengaku, Bank Bengkulu memberikan sejumlah kemudahan bagi penerimanya. Kemudahan yang diberikan tersebut seperti pinjaman tersebut tidak harus memiliki agunanan layaknya pinjaman atau kredit para sejumlah produk kredit milik perbankan. Kemudian dari segi bunga sendiri, bunga yang diberikan oleh Bank Bengkulu sangat kecil bahkan hampir sama tak memiliki bunga yaitu hanya sebesar 3 persen untuk satu tahunnya.

\"Dengan hanya bunga 3 persen selama satu tahun, maka sama saja dengan tidak memiliki bunga setiap bulannya karena sangat kecil,\" sampai Zulkarnain.

Untuk mendapatkan program tersebut, maka menurut Zulkarnain pelaku UMKM harus memenuhi sejumlah kriteria yang telah ditetapkan oleh Bank Bengkulu. Beberapa kriteria yang ditetapkan tersebuta diantaranya, usaha yang dilakukannya tersebut adalah usaha yang produktif, kemudian belum tersentuh pembiayan dari perbankan manapun yang paling penting layak untuk biaya. \"kami akui untuk mendapatkan pelaku UMKM yang memenuhi kriteria tersebut sangat sulit, namun kita berusaha mencarinya untuk mengembangkan UMKM yang ada di Rejang Lebong ini,\" demikian Zulkarnain.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: