7 Puskesmas Siaga 24 Jam

7 Puskesmas  Siaga 24 Jam

CURUP, Bengkulu Ekspress - Untuk memastikan para pemudik yang melintas di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu bisa mendapat pelayanan kesehatan. Pada arus mudik tahun 2018 ini Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong akan menyiagakan 7 Puskesmas selama 24 jam penuh.

\"Pada arus mudik ini, ada 7 Puskesmas di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu ini yang akan kita siagakan selama 24 jam,\" terang Plt Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Syamsir SKM MKes melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Asri.

Dijelaskan Asri, Puskesmas yang akan buka 24 penuh ini adalah Puskesmas perawatan dan non perawatan yang ada di jalur mudik yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Baik yang ada di jalur lintas Curup-Lubuklinggau maupun jalur lintas Curup-Muara Aman.

7 Puskesmas yang buka 24 jam tersebut, disebutkan Asri yakni, 2 Puskesmas berada dijalur mudik Curup- Lebong meliputi Puskesmas Tunas Harapan dan Puskesmas Bangun Jaya, kemudian 4 Puskesmas di jalur mudik Curup - Lubuklinggau, yakni Puskesmas Sambirejo, Puskesmas Beringin Tiga, Puskesmas Kepala Curup dan Puseksmas Padang Ulak Tanding, serta satu Puskesmas di wilayah kota yakni Puskesmas Curup.

\"Sementara itu untuk 14 Puskesmas lainnya, tetap kita siagakan hanya saja tidak 24 jam melainkan hanya sistem piket saja sesuai dengan jam kerja,\" tambahnya.

Tak hanya itu, menurut Asri dalam memberikan pelayanan maksimal kepada pemudik yang melintas di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Dinas Kesehatan juga akan menempatkan petugas medis di Pos Pengamanan maupun Pos Pelayanan yang didirkan petugas kepolisian dalam rangka operasi ketupat tahun 2018 ini. \"Kita juga akan menempatkan petugas baik di Pos Pelayanan maupun Pos Pengamanan yang didirikan petugas kepolisian selama arus mudik,\" paparnya.

Senada dengan yang disampaikan Asri, Direktur RSUD Curup, drg Asep Setia Budiman juga mengungkapkan bahwa selama arus mudik atau lebaran Idul Fitri nanti RSUD Curup akan tetap membuka layanan selama 24 jam. Dimana menurut Asep selama libur lebaran tersebut, pelayanan yang disediakan oleh RSUD Curup khususnya pelayanan di instalasi gawat darurat. Sedangkan untuk pelayanan rawat jalan akan ditutup sementara. \"Selama lebaran nanti, kita akan tetap memberikan pelayanan namun lebih difokuskan di IGD, sedangkan untuk rawat jalan tidak dibuka,\" sampai Asep.

Petugas IGD yang disiagakan tersebut, menurut Asep selain dokter umum juga akan ditempatkan dokter spesialis bersama sejumlah petugas medis lainnya, sehingga pelayanan bagi masyarakat Rejang Lebong maupun dari luar Rejang Lebong yang datang ke Rejang Lebong bisa tetap maksimal.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: