Ujian Nasional SMP Diumumkan 28 Mei

Jumat 25-05-2018,10:00 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

Pengumuman Ujian Nasional SMP 28 Mei

BINTUHAN KABUPATEN KAUR, Bengkulu Ekspress - Para siswa SMP sederajat yang menantikan pengumuman hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) masih harus bersabar. Sebab, Badan Standar Nasional Pendidikan mengundurkan jadwal pengumuman hasil UN untuk SMP yang sedianya dilangsungkan pada 23 Mei menjadi 28 Mei.

“Sesuai petunjuk dari pusat penguman SMP akan dilaksanakan 28 Mei 2018, dan hari ini (kemarin) kita baru ngambil hasil UN untuk diserahkan ke sekolah masing-masing,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kaur  Provinsi Bengkulu Three Marnope S Pd MTPd kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (24/5).

Dikatakan Three, perubahan tersebut tidak mempengaruhi siswa SMP untuk mendaftarkan diri ke jenjang SMA atau SMK. Menurur Three bahwa pengumuman hasil UN dari 23 Mei menjadi 28 Mei. Akan tetapi, lanjut dia, kalau pengumuman kelulusan tetap dilakukan masing-masing sekolah.

“Kalau hasil UN besok kita umumnkan tapi kalau kelulusan tanggal 28 Mei. Juga penundaan tersebut tidak berpengaruh terhadap siswa, karena nilai UN tidak berpengaruh tehadap kelulusan siswa,” terangnya.

Ditambahkannya, pihaknya meyakini peserta dapat lulus 100 persen asalkan mereka mengikuti UNKP. Sebab hasil UNKP bukan merupakan penentu untuk mencapai kelulusan siswa, tetapi kelulusan akan ditentukan masing-masing sekolah. Sedangkan hasil UN akan dijadikan acuan pelaksanaan pendidikan secara nasional, selain juga dijadikan pertimbangan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.  “Standar kelulusan UNKP harus dengan nilai rata-rata 5,5 yang diambil dari 60 persen dari nilai UNKP, dan 40 persen dari nilai raport serta nilai UAS,” jelasnya. (618)

Tags :
Kategori :

Terkait