MKKS Susun Soal Try Out

Rabu 30-01-2013,11:12 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, BE - Rencananya 5017 siswa se-kota Bengkulu menyelenggarakan try out. Untuk mensukseskan kegiatan tersebut, Musyawarah Kerja Kepala (MKKS) SMP/Mts se-Kota Bengkulu menyusun soal try out yang bakal diujikan. Kegiatan ini rencananya dilakukan selama 3 hari dibulan april mendatang.

\'\'Menjelang try out tanggal 18 Februari nanti, mulai hari ini kita sudah menyusun soal try out. Soal ini disusun oleh tim guru-guru inti dimasing-masing sekolah. Selain guru senior, kita juga mengundang guru junior untuk kaderisasi,\" ungkap ketua MKKS SMP/Mts, Mambo Lifar Spd.

Soal-soal yang disusun itu terdiri dari 4 mata pelajaran, yaitu Matematika, IPA, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Masing-masing mata pelajaran ini terdiri dari 40 soal, kecuali bahasa Indonesia sebanyak 50 nomor soal. Sama seperti UN, soal-soal ini dibuat sebanyak 20 paket. Tentunya dengan tingkat kesulitan yang sama dengan kisi-kisi soal yang telah diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Pembukaan kegiatan penyusunan soal ini diselenggarakan di SMPN 18 Kota Bengkulu.

Mambo juga mengatakan dalam pelaksanaan ujian nantinya dibuat seperti ujian sesungguhnya. Hanya saja, pengawas yang diberdayakan guru dimasing-masing sekolah/madrasah. Kendati demikian, hal itu tidak akan mengurangi keseriusan siswa dalam menghadapi try out kedua ini.

Dibalik kegiatan ini, dia berharap agar siswa SMP/Mts dapat mempersiapkan diri dengan maksimal dan siap mengerjakan soal yang tingkat kesulitannya lebih tinggi. Try iout ini bertujuan agar siswa dapat menjawab soal dan lebih terbiasa. \"Targetnya, semoga lulus 100%,\" harap Kepala SMPN 5 Kota Bengkulu ini. (128)

Tags :
Kategori :

Terkait