Pemindahan Ibukota Ditentang Tokoh Masyarakat

Selasa 06-03-2018,12:01 WIB

LEBONG, Bengkulu Ekspress - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong mewacanakan Kelurahan Tanjung Agung menjadi Kelurahan Tubei. Karena selama ini berada di Kecamatan Pelabai dan akan dipindahkan ke Kecamatan Lebong Atas sebagai ibukota kabupaten. Namun hal itu ditentang oleh tokoh masyarakat Kecamatan Pelabai, M Yuzir.

Ia mengatakan, adanya perubahan yang telah dicanangkan Pemkab untuk pemindahan kelurahan, tidak disetujui. Karena jika itu berubah, maka akan mengubah catatan sejarah selama ini. Namun, perubahan Kelurahan Tanjung Agung menjadi Kelurahan Tubei, tidak dipersoalkan karena masih masuk kedalam Kecamatan Pelabai.

\"Kalau memang mau, silakan buat kelurahan atau desa baru dan diberi nama Tubei juga,\" jelasnya, kemarin (5/3). Sementara Kabag Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Lebong, Jafri SSos mengatakan, bahwa berdasarkan Undang-Undang nomor 39 tahun 2003 tentang pemekaran Kabupaten Lebong dan Kabupaten Kepahiang menjelaskan bahwa ibukota Lebong yakni Tubei yang berada di Kecamatan Lebong Atas.

\"Kita berdasarkan undang-undang, bukan karena tidak ada alasan kita mau memindahkan suatu kelurahan ke kecamatan lain,\" ujarnya. Akan tetapi, hal tersebut belumlah ada kata sepakat atu final, untuk memindahkan Kelurahan Tubei menjadi Kecamatan Lebong Atas. Dimana masih harus dilakukan pengkajian terlebih dahulu. Baik itu perubahan 3 Peraturan Derah (Perda) 3, atau pun melakukan kajian teknis dan menyampaikan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lebong.

\"Ini masih kita wacanakan, nanti setelah ada persetujuan dan semua tahapan telah selesai baru ada kata final,\" ucapnya.

Ditambahkan Setda Lebong, H Mirwan Efendi SE MSi, jika nantinya akan dilakukan pemindahan Kelurahan Tubei menjadi Kecamatan Lebong Atas, semua harus memastikan bahwa tidak ada pengurangan luas wilayah dari ibukota Kabupaten Lebong (Tubei).

\"Semua harus sepakat, dimana penetapan batas Ibukota Kabupaten nantinya,\" tegasnya. (614)

Tags :
Kategori :

Terkait