Tabut Tebuang Akhir dari Ritual

Sabtu 30-09-2017,15:48 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Hari ini, Kamis (30/09/2017) menjadi akhir dari ritual dan Festival Tabut tahun 2017. Setelah malam tadi resmi ditutup oleh Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, ritual tabut hari ini diakhiri dengan prosesi tabut tebuang.

Prosesi tabut tebuang diawali dengan pelepasan di Rumah Dinas Gubernur Bengkulu. Ratusan Kerukunan Kelurga Tabot (KKT) berkumpul di sana.

\"Dengan mengucapkan bismilillahirohmannirohim, tabut tebuang saya lepas,\" ucap Rohidin sambil mengangkat bendera tabut.

Dengan iringan pukulan dol ratusan anggota KKT berjalan membawa Tabut sejauh 4 KM menuju makam Syeikh Burhanuddin di Karbela. Di sanalah tabot - tabot ini dibuang.

Setelah sampai di Karbela, sebanyak 17 KKT berkumpul dan melakukan ritual pengambalian jari - jari, bendera serta tanah ke tempat penyimpanan.

Seperti tahun - tahun sebelumnya, prosesi tabut tebuang selalu rama disaksikan masyarakat. Mereka menunggu pawai iring - iringan tabut di sepanjang jalan raya yang dilewati rombongan pawai. (dil)

Tags :
Kategori :

Terkait