Parpol Mulai Daftar ke KPU

Rabu 27-09-2017,12:30 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

CURUP, Bengkulu Ekspress - Menjelang dilaksanakannya Pemilihan Legislatif (Pileg) pada tahun 2019 mendatang, saat ini sejumlah Partai Politik (Parpol) baru mulai mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Rejang Lebong.

Dimana menurut Komisioner KPU Rejang Lebong, Fahamsyah, hingga Selasa (26/9) kemarin, sudah ada dua Parpol baru di Rejang Lebong yang menyampaikan susunan kepengurusan ke KPU Rejang Lebong.

\"Hingga saat ini memang baru ada dua Parpol baru yang menyampaikan daftar kepengurusannya ke KPU Rejang Lebong ini,\" terang Fahamsyah usai memimpin kegiatan sosilisasi dan Bedah UU No 7 tahun 2017 tentang pemilihan umun dan persiapan verifikasi Parpol di kantor KPU Rejang Lebong kemarin.

Menurut Fahamsyah, pihaknya masih menunggu laporan kepengurusan dari Parpol baru yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Karena menurut Fahamsyah berdasarkan informasi yang mereka dapatkan dari Departemen Hukum dan Ham (Depkumham) tedapat 73 Partai Politik (Parpol) yang sudah terdaftar untuk ikut dalam pergulatan pemilihan, baik Parpol yang lam maupun yang baru. Dengan mengacu pada informasi tersebut, menurutnya masih banyak Parpol baru lainnya.

\"Dua Parpol baru yang sudah menyampaikan daftar kepengurusannya ke KPU Rejang Lebong tersebut adalah Perindo dan Partai Berkarya,\" tambah Fahamsyah.

Lebih lanjut Fahamsyah mengungkapkan, meskipun saat ini sudah adal 73 Parpol yang terdaftar di Depkumham, namun menurutnya kemungkinan tidak semuanya akan menjadi kontestan Pileg 2019 mendatang. Karena menurutnya Parpol tersebut akan dilakukan verifikasi terlebih dahulu untuk memastikan bisa mengikuti Pileg atau tidaknya.

Masih menurut Fahamsyah, dalam proses verifikasi yang akan dilakukan akan melewati dua tahap yaitu secara administratif dan ferivikasi secara faktual.

Selain itu, menurut Fahamsyah, sebelum melakukam ferivikasi pihaknya juga akan menyurati LO (Liacion Officer) atau Perwira Penghubung di setiap Parpol, tetkait pendukung partai.

\"Kami akan menyurati LO untuk agar ada pendukung disini, kemudian kami juga akan menyampaikan mekanismenya, pendaftran dan sebagainya, tetapi begini, hirarkis semua partai itu sama, mulai dari DPP hingga ke DPC itu sama memberikan pengetahuan kepada anggotanya,\" jelas Fahamsyah

Terkait dengan ferivikasi itu sendiri, menurut Fahamsyah, sifatnya berupa verifikasi ulang dari Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang diinput masing-masing partai, dijelaskan ia data yang ada di Sipol tersebut.

\"Secara kebawah KPU kan hanya mengecek ulang data yang masuk di Sipol itu, data yang dimasukkan dari DPP ke KPU pusat,\" demikian Fahamsyah.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait