CJH Harus Jaga Kondisi Tubuh

Selasa 18-07-2017,15:32 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Sebanyak 107 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Kaur yang masuk dalam porsi keberangkatan ke tanah suci tahun 1438 H diimbau untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Salah satunya dengan melakukan olahraga rutin. Imbauan tersebut disampaikan Kasi Haji Kemenag Kaur Sopyan Jafri SSos, saat membuka pengukuran kebugaran bagi CJH di aula Kemenag Kaur, kemarin (17/8).

“Untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit menjelang keberangkatan, seringlah berolahraga serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat,” himbau Sopyan. Dikatakannya, mempersiapkan kesehatan sejak dari tanah air sangat penting. Apalagi, kondisi cuaca di Arab Saudi sangat berbeda dengan di Indonesia. Untuk itu diharapkan kepada para calon jamaah bisa mengatur waktu dengan baik sehingga cukup istirahat. Kurang istirahat akan menyebabkan kondisi kesehatan calon jamaah menurun.

“Bagi CJH yang dalam kondisi sakit, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan yang telah diberikan oleh petugas kesehatan secara teratur, serta menjaga pola makan,” terangnya. Lanjutnya, cek kebugaran CJH yang dilakukan Puskemas Kaur Selatan ini. Untuk memastikan kesehatan dan kebugaran 107 CJH Kaur dengan melakukan tes kebugaran dengan berbagai komponen. Diantaranya tes senam dan jalan. Disamping itu, bagi CJH yang memiliki riwayat penyakit tertentu, dapat ditangani dengan baik sebelum berangkat. Bila tidak, keberangkatan bisa gagal.

“Dengan adanya tes kebugaran ini kita tahu kondisi kesehatan jamaah. Karena jangan sampai nanti bermasalah saat ditanah suci, sebab CJH iniakan berangkat ke tanah suci awak Agustus nanti,” terangnya. Ditambahkannya, pemerijsaan kebugaran jasmani bagi CJH ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui daya tahan jantung dan paru-paru serta kekuatan daya tahan otot CJH dengan senam tersebut. Tes kebugaran untuk memastikan mereka mampu melakukan ibadah haji yang memerlukan tenaga ekstra.

“Kalau punya penyakit menular dan belum sembuh, keberangkatan bisa ditunda. Tapi alhamdulillah jamaah kita bugar semua,” jelasnya.(618)

Tags :
Kategori :

Terkait