Pengentasan Kemiskinan Jalan di Tempat

Jumat 14-07-2017,12:00 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress - Upaya pengentasan kemiskinan daerah di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) tampaknya belum membuahkan hasil yang signifikan. Buktinya, Bupati BU Ir Mian menerima banyak laporan warga miskin yang butuh bantuan dana, tidak dapat berobat dan sebagainya. Untuk itu, semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diminta lebih serius lagi dalam melaksanakan kegiatan yang bertumpu pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

\'\'Setiap 6 bulan sekali kita lakukan rapat evaluasi pengentasan kemiskinan ini. Tapi angka kemiskinan tetap belum ada progres membaik. Saya minta seluruh OPD lebih fokus lagi. Karena keberhasilan pemerintahan tergantung dari tingkat kesejahteraan masyarakatnya,\'\' ujar Bupati saat memimpin rapat di ruang Pola BPKAD BU, kemarin (13/7). Tak hanya itu, Bupati juga menyinggung lemahnya penyusunan program yang dilakukan OPD. Bahkan terkesan hanya copy paste dari program-program sebelumnya. Sehingga tidak ada ide dan gagasan baru yang muncul. Akibatnya, percepatan penanggulan kemiskinan lamban tercapai.

\'\'Jangan hanya copy paste program lama. Tapi munculkan ide baru, sehingga pencapaian kesejahteraan cepat tercapai. Kalau tidak ada pembaharuan, maka angka kemiskinan ini tidak akan pernah berubah, bahkan cenderung bisa lebih meningkat,\'\' ungkapnya. Disamping itu, Bupati kembali memberikan tekanan agar camat lebih pro aktif turun langsung ke tengah-tengah masyarakat. Sehingga dapat mengetahui secara pasti apa yang dibutuhkan masyarakat untuk menunjang pencapaian kemajuan. Kemudian membawa laporan itu dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Sehingga setiap OPD dapat menyusun program yang tepat.

\'\'Sekali lagi saya ingatkan camat itu merupakan garda terdepan pelayanan masyarakat. Camat harus selalu hadir di tengah masyarakat kapanpun dibutuhkan. Jadi masyarakat merasa pemerintah selalu hadir dan ikut andil dalam penyelesaian urusan masyarakat,\'\' terangnya. Untuk itu, Bupati memerintahkan agar seluruh OPD dan camat dapat lebih serius. Ia berharap rapat evaluasi mendatang sudah ada kemajuan yang dicapai. \'\'Saya tidak mau mendengar lagi masyarakat kembali melaporkan keluhan tentang pelayanan yang tidak prima. Kalau ini masih terjadi, saya akan evaluasi OPD-nya,\'\' pungkas Bupati Mian.(816)

Tags :
Kategori :

Terkait