RSUD Tais Harus Berbenah

Kamis 08-06-2017,14:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

SELUMA TIMUR, Bengkulu Ekspress - Setelah sempat aksi demo oleh tenaga kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah(RSUD) Tais, menuntut kesejahteraan dan mosi tidak percaya pada pimpinan. Akhirnya Sekda Seluma Irihadi Msi langsung mendatangi RSUD Tais serta mempertanyakan satu persatu sejumlah pasien terkait pelayanan dan tenaga medis yang bertugas.

Namun Sekda memastikan RSUD Tais harus melakukan pembenahan di sejumlah sektor, mengingat pelayanan kesehatan haruslah terpenuhi baik itu fasilitas maupun kebutuhan ruangan dan maupun kebutuhan akan petugas. “Secara bertahap akan kita benah baik itu fasilitas maupun sarana dan prasarana yang ada di setiap ruangan saat ini. Termasuk pelayanan dari tenaga medis sendiri harus meningkat sekalipun jumlah mereka harus dipangkas,”tegas Sekda Seluma Irihadi MSi, kemarin (7/6)

Dalam sidak satu persatu ruanggan sejumlah catatan harus diberikan Sekda Seluma kepada sejumlah tenaga medis. Mulai dari kebersihan fasilitas kesehatan, pelayanan kepada pasien serta penataan sejumlah aset milik RSUD Tais atau dari bantuan dari pusat. Pasalnya dari sidak tersebut sekda mendapati beberapa fasilitas yang tidak terawat dengan baik.

Lebih ironisnya lagi terdapat belatung di westafel pada dapur. Sehingga ini menjadi amukan oleh sekda Seluma.  Menurutnya, kondisi itu membuat  pasien yang masuk RSUD Tais akan susah sembuh mengingat asupan gizi mereka tidaklah sempurna lagi. “Saya ingin kebersihan dapur umum RSUD Tais juga harus diperhatikan dan sanitasinya juga diperhatikan. Masa lembab seperti dibelakang ruang penjagaan perawat, ”keluhnya.

Selain itu, sekda mengharapkan agar seluruh kepala ruanggan menyampaikan apa saja kebutuhan. Mulai dari terkecil hingga terbesar sekalipun dan ini disampaikan kepada saya selaku sekda. Serta harus disampaikan dalam perencanaan. Untuk yang disampaikan tembusan kepada saya haruslah jelas, sehingga bisa diperuangkan mana yang dibutuhkan serta belum dibutuhkan.

“Gorden di setiap ruangan tidak ada sehingga harus di cat atau di tempel dengan koran dan ini harus bisa di sampaikan kepada saya usulan dari RSUD Tais ini per ruangan,”sampainya.

Terkait pelayanan sekda mengharapkan seluruh tenaga medis yang ada saat ini diminta untuk tetap bekerja secara maksimal. Termasuk tetap harus memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan. Termasuk melakukan pelayanan setiap harinya di bagian umum maupun dalam pengobatan rutinnya.

Hanya saja, apa yang menjadi temuan di lapangan sejauh ini tetap akan disampaikan langsung kepada Bupati Seluma. Ironisnya kapan dilakukan pemangkasan jelas sejauh ini diminta menyampaikan jumlah kebutuhan yang mendasar. Sehingga bisa diketahui akan kebutuhan. Jika memang tidak sesuai maka akan di putus kontrak kerja mereka ini.

“Saya tidak bisa memutuskannya secara langsung mengingat saya masih ada pimpinan. Jelas akan dilaporkan terlebih dahulu kepada bupati dan kapan pemangkasan ini masih dikaji secara mendalam dahulu,”imbuhnya singkat.

Plt Direktur RSUD Tais  dr Wiwit Wulandary  mengatakan masukan dari Sekda Seluma dalam waktu dekat akan dipenuhi. Termasuk sejumlah usulan di setiap ruangannya, mengingat beberapa saat lalu memang sudah dimasukkan dalam perencanaan tahun 2018 mendatang. Namun tetap ada yang akan disampaikan dalam APBD perubahan ini.  Termasuk untuk bisa menyampaikan berapa kebutuhan akan tenaga kesehatan. “Apa yang diminta sekda segera kita penuhi, namun masukan dari sekda akan ditindak lanjuti oleh tenaga medis yang ada,”sampainya singkat.(333)

Tags :
Kategori :

Terkait