Pasar Modern Sulit Terwujud

Rabu 03-05-2017,15:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress - Rencana pasar Koto Jaya yang akan dijadikan pasar modern sulit  terwujud. Ini jika dalam pembangunan hingga peruntukan dan pemanfaatannya  tidak tepat. Seperti saat ini  kios yang ada di pasar tersebut tidak sepenuhnya dihuni oleh pedagang. Melainkan dihuni warga sebatas tempat tinggal.

Ketua RT 02 Kelurahan Koto Jaya, Alfian Tanjung kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (2/5/2017)  mengatakan, untuk menjadikan pasar tersebut menuju  modern disarankan agar pemerintah melalui OPD terkait melakukan penertiban  penghuni  kios – kios yang ada saat ini.

“Sewa kiosnya Rp 1,5 juta per tahun.  Sasarannya adalah pedagang. Namun fakta dilapangan, mayoritas adalah warga yang hanya sebagai penghuni, bukan pedagang. Karena warga tersebut menilai lebih baik menyewa kios tersebut daripada menyewa  rumah kontrakan yang harganya  diatas Rp 5 juta per tahun,” bebernya.

Ia juga menyampaikan, adanya program pemerintah pusat untuk penambahan  gedung di pasar tersebut disarankan agar  dibangun rumah toko (ruko).  Nantinya pada bagian atas tempat tinggal pedagang dan dibawahnya tempat berjualan.  Namun  pedagang yang akan menempatinya  benar – benar diseleksi. Karena bangunan itu sasarannya  untuk pedagang.

“Saya mendukung program pemerintah. Asalkan  pembangunan itu  dilakukan perencanaan yang matang dan tepat  pemanfaatannya,” pungkasnya. (900)

Tags :
Kategori :

Terkait