Bengkulu ART Festival Dimulai

Selasa 14-03-2017,15:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Sebanyak 75 peserta dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi (PT) se-Provinsi Bengkulu memeriahkan perlombaan bertajuk Bengkulu ART Festival. Kegiatan yang diselenggarakan sanggar seni Teater Jengal, Bengkulu Tengah ini dimulai kemarin (13/3) dan berlangsung di Taman Budaya Kota Bengkulu.

Ketua Panitia Kegiatan Bagus Kurniawan mengatakan, dengan kegiatan seperti ini, secara tidak langsung mengajak para pelajar kembali meramaikan kegiatan seni terutama teater, monolog dan baca puisi dilingkungan sekolah se-Provinsi Bengkulu.

\"Sehingga muda-mudi kita bisa kembali mencintai dan mengenal seni yang ada di Provinsi Bengkulu terutama teater, monolog dan puisi,\" jelas Bagus kepada Bengkulu Ekspress kemarin (13/3). Bagus menambahkan, selama ini Provinsi Bengkulu terkenal dengan Harimau Sumatranya, namun Harimu saat ini telah hampir punah dan sangat susah ditemui, agar Bengkulu bisa kembali dikenal oleh daerah atau bangsa luar dilaksanakanlah kegiatan festival ini.

\"Mungkin dengan cara kita membuat sebuah event seperti ini (festival) mampu memperkenalkan Bengkulu,\" ujarnya.

Kegiatan Bengkulu ART Festival tersebut dilaksanakan dari Senin hingga Sabtu (13-18/3). Kegiatan ini bertujuan untuk membuat generasai muda-mudi lebih mengenal atau mencintai kebudayaan kesenian khususnya seni teater, monolog dan baca puisi.

Dalam kegiatan festival ini, selain para siswa se-Provinsi Bengkulu, juga diikuti seni teater dari beberapa provinsi lain, seperti Dapur Teater dan Beben MC dari Pontianak, Kalimantan Barat, Kelompok Pojok dari Bulungan, Jakarta Selatan serta Muhammad Ibrahim Ilyas dari Sumatera Barat pun ikut menampilkan pentas seni teater dan monolog untuk memeriahkan kegiatan festival. Selain itu Hasim Saleh bersama rombongan dari Negara Malaysia juga menghadiri acara festival selaku undangan.

Kegiatan ini sendiri diikuti sebanyak 75 peserta yang terdiri dari 14 peserta lomba Puisi dari tingkat SD, tingkat SMP sebanyak 5 orang dan 30 orang dari tingkat SMA dan Universitas. Sementara untuk festival Monolog diikuti 11 peserta, Teater 4 kelompok dan peserta workshop sebanyak 12 peserta.

\"Itu yang telah mendaftarkan diri mengikuti festival ini,\" sampainya.

Kepala Taman Budaya Bengkulu Buyung Asril mengatakan, kegiatan yang dilaksankan Sanggar seni teater Jengal, salah satu ajang yang layak untuk didukung sepenuhnya. Karena kegiatan seperti ini untuk kembali mengembalikan citra Taman Budaya seperti yang dulu lagi.

\"Taman Budaya sarana mempertunjukkan atau melaksanakan sebuah kreatifitas seni yang ada di Provinsi Bengkulu,\" sampainya.

Dalam kegiatan ini, sebenarnya Taman Budaya belum siap untuk mengadakan kegaitan seperti yang dilaksankan oleh sanggar teater Jengal. Hal ini dikarenakan gedung pendukung saat ini kondisinya memprihatinkan, akan tetapi semangat besar dari mereka (teater Jengal), maka Taman Budaya tidak mungkin menolaknya.

Dengan adanya kegiatan ini, Buyung berharap agar kegiatan festival seperti ini bisa kembali atau terus dilaksanakan sehingga kebudayaan di Bengkulu terus menjadi lebih baik, walaupun untuk saat ini pelaksanaanya masih terfokus di sastra dan teater.

\"Tahun berikutnya kita bisa laksanakan banyak festival lagi dan saya harap tahun depan kegiatan festivalnya bisa lebih besar lagi,\" harapnya. (614)

Tags :
Kategori :

Terkait