Lomba Burung Berkicau Dikuti Ribuan Peserta

Senin 13-03-2017,10:30 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

BENGKULU, BE - Lomba burung bekicau yang diselenggarakan di halaman kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bengkulu, kemarin (12/3), melengkapi kemeriahan HUT Kota Bengkulu ke-298.

Hal ini terbukti dari antusiasme masyarakat, baik dari dalam maupun luar daerah Kota Bengkulu sebagai pesertanya yang jumlah 1.080 peserta.

\"Ketika pesertanya sudah capai jumlah ribuan seperti ini, kenapa tidak kita buka secara nasional dengan mengundang pengemar burung di provinsi lain untuk bertanding di Kota Bengkulu,\" kata Sekretaris Daerah Kota, Marjon MPd usai membuka perlombaan burung, kemarin.

Dalam perlombaan ini, terbagi dari 6 kategori yakni los gantangan kategori Walikota Bengkulu, Kapolres Bengkulu, Sekretaris Daerah Kota Bengkulu, Kepala Dinas PU Kota dan Bengkuluku Relegius.

Perlombaan dimulai dengan masing-masing peserta mengantungkan sangkar burungnya di tiang secara berurutan, dan penilaian dilakukan secara selektif oleh dewan juri profesional.

Bagi burung yang dianggap memiliki kriteria yang baik, seperti suara, gerak tubuh, dan warna akan ditetapkan sebagai juara yang ditandai dengan jumlah bendera yang diperoleh dari penilaian juri.

\"Komunitas ini tentu mengambil peran dalam menyemarakkan HUT Kota, nah kita berharap nanti bisa diangkat juga komunitas Jeep, Trail, dan berbagai komunitas lainnya, sehingga masyarakat kita terhibur dengan acara seperti ini,\" ujar Marjon.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas PUPR kota, Syafriandi MSi mengatakanm dengan melihat jumlah peserta yang ada membuktikan bahwa sangat banyak masyarakat kota yang gemar burung. Sehingga rangkaian kegiatan ini sangat tepat untuk terus ditingkatkan, bahkan skala nasional. Dengan adanya event-event besar maka akan semakin banyak dan sering orang/wisatawan yang akan datang ke Kota Bengkulu.

\"Antusias ini harus kita tingkatkan dan kita selenggarakan ditingkat nasional jadi hadiahnya pun akan lebih besar lagi,\" imbuh Syafriandi.

Di bagian lain, salah seorang warga Timur Indah, Dedy Putra berhasil keluar sebagai juara 1 pada kategori Sekda dengan jenis burung kacer mengaku bangga dengan perlombaan tersebut.

\"Sebelumnya sudah pernah juara 3 pada Presiden CUP di Jakarta. Kemudian juara-juara antar provinsi. Burung saya ini dinamai Top 1. Sesuai dengan namanya diharapkan bisa bawa hoki terus,\" ungkap Dedy. (805).

Tags :
Kategori :

Terkait