Bengkulu Utara Bakal Miliki Balai Metrologi

Kamis 16-02-2017,12:30 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

ARGA MAKMUR,BE- Belum adanya Balai Metrologi yang dimiliki Kabupaten Bengkulu Utara (BU). Maka ini, peluang ini akan dilirik oleh Dinas Perdagangan (Disdag). Tujuannya agar setiap pengawasan timbangan dagangan dapat dilaksanakan langsung oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Bengkulu Utara. Sehingga dapat meningkatakan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kadis Perdagangan Bengkulu Utara Ir Siti Qoriah Rosydiana mengatakan guna membangunan Balai Metrologi, maka tahap awal dibutuhkan revisi Peraturan Perda Nomor 4 Tahun 2012 Tentang Retribusi Jasa Umum. Karena aturan itu, lanjutnya sudah tidak sesuai dengan aturan diatasnya. ‘’Ini sudah kita usulkan untuk masuk dalam Propemperda 2017. Dan kita harapkan dalam masa sidang pertama ini dapat diusulkan,’’ ujarnya.

Ia juga menambahkan dengan adanya Balai Metrologi, maka pengawasan timbangan dapat dilakukan oleh Pemda Bengkulu Utara secara langsung. Artinya tidak perlu lagi melibatkan pihak Disperindag Provinsi Bengkulu. Sehingga PAD juga masuk ke Kabupaten BU, bukan ke Provinsi.

‘’Selama ini bidang pengawasan dan pengecekan timbangan langsung dari Provinsi Bengkulu. Kalau kita punya Balai Metrologi sendiri, maka kita bisa melakukan pengecekan timbangan secara langsung,’’ ungkapnya.

Tak hanya itu, ia menyebutkan selain untuk melakukan pengecekan timbangan di Kabupaten BU, juga akan menjadi peluang kerjasama dengan kabupaten terdekat di Bengkulu Utara. Misalnya Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) dan Mukomuko.Jadi dapat menambah sumber PAD dari Balai Metrologi tersebut. ‘’Ini juga akan menjadi peluang PAD yang cukup baik bagi Kabupaten Bengkulu Utara kedepannya,’’ tuturnya.

Sebelumnya Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah Bapemperda) DPRD Bengkulu Utara Drs Slamet Waluyo Sucipto SH menyampaikan dengan masukkan revisi Perda Nomor 4 Tahun 2012 Tentang Retribusi Jasa Umum dalam Propemperda.

Diharapkan nantinya aturan itu, tidak hanya sebatas menjadi landasan mengambil dana pusat untuk membangun Balai Metrologi. Namun dapat ditunjukkan, agar apa yang sudah diatur dapat berjalan dan meningkatkan PAD bagi Kabupaten Bengkulu Utara.

‘’Saya katakan ini tidak sebatas untuk memuluskan jalan mengambil dana pusat. Tapi perda ini benar-benar dapat diterapkan. Sehingga PAD Bengkulu Utara dapat meningkat seperti harapan kita bersama,’’ pungkasnya.(816)

Tags :
Kategori :

Terkait