Bupati Mukomuko Optimis Jadi Lumbung Padi

Rabu 15-02-2017,14:50 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress  – Bupati Mukomuko, Choirul Huda sangat optimis daerah yang ia pimpin tersebut akan menjadi daerah lumbung padi. Pasalnya, sejumlah kecamatan tersebar di daerah tersebut, khususnya lokasi yang ditanam padi membuahkan hasil lumayan besar. Seperti kemarin (14/2), Bupati dan jajaran melakukan panen perdana padi sawah yang di pusatkan di Desa Sungai Ipuh, Kecamatan Selagan Raya. Produksi gabah yang dihasilkan sangat memuaskan. Dalam satu hektar mampu produksi 11 ton gabah.

“Panen padi di Desa Sungai Ipuh sangat berhasil. Panen perdana mampu memproduksi gabah mencapai 11 ton/hektar,” kata Bupati didampingi Kepala Dinas Pertanian , Eddy Apriyanto.

Panen raya di kecamatan itu diikuti para petani setempat. Padi sawah dengan produksi 11 ton itu dengan luas siap panen mencapai 25 hektar. Jika jumlah produksi ribuan hektar sawah yang tersebar di sejumlah kecamatan minimal sama. Kabupaten Mukomuko tetap mampu mempertahankan swasembada beras hingga dapat memenuhi kebutuhan akan beras bagi masyarakat diluar Kabupaten Mukomuko. Pemkab Mukomuko terus memberikan dukungan kepada petani. Mulai dari memberikan penyuluhan , bimbingan serta berbagai kegiatan lainnya termasuk pemberian bantuan peralatan pertanian. Contohnya, handtraktor, benih yang bagus dan lainnya. Ini tidak lain agar petani lebih maksimal dalam bercocok tanam padi dengan hasil yang lumayan besar. (900)

Tags :
Kategori :

Terkait