Rp 1,8 M Beli Perahu Nelayan

Jumat 13-01-2017,13:10 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Kabar cukup mengembirakan bagi nelayan di wilayah kabupaten Mukomuko. Pasalnya tahun ini pemda berencana akan membeli puluhan unit perahu dengan anggaran mencapai Rp 1,8 miliar. “Rencananya tahun ini sebanyak 20 perahu beserta mesin tempel dan alat tangkap ikan untuk nelayan. Anggarannya  bersumber dari dana alokasi khusus (DAK),”  demikian Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten, Arif  Isnawan  melalui Kabid Perikanan Tangkap, Rahmad Hidayat, kemarin (12/1)

Sistem dalam pembelian 20 perahu lengkap  dengan mesin tempel dan alat tangkap ikan tersebut menggunakan e-katalog.  Artinya nilai barang itu nantinya sesuai dengan buku petunjuk dalam e-katalog. “ Harga barang yang akan dibeli itu sesuai dengan harga pabrik,” katanya.

Barang – barang akan di beli tidak ada yang menyalahi aturan, seperti alat tangkap ikan harus yang standar dan tidak melanggar Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan. Pun dengan perahu dan mesin tempel  di sesuaikan dan khusus untuk pemakaian nelayan tradisional di daerah ini. Pembelian perahu lengkap dengan alat tangkap itu salah satu program pemerintah untuk menganti perahu nelayan tradisional yang mayoritas tidak layak digunakan  dan sering terjadi kerusakan.

“Meskipun jumlah terbatas. Kita tetap memperjuangkan  seluruhnya diganti meskipun secara bertahap,” katanya.

Kelompok nelayan yang akan menerima bantuan  itu  nantinya akan di verifikasi dan diprioritaskan kelompok nelayan yang belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah. (900)

Tags :
Kategori :

Terkait