Kader Posyandu Diminta Kreatif

Jumat 13-01-2017,12:40 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENTENG, Bengkulu Ekspress - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), Dra Yulia Faridah MSi meminta agar seluruh seluruh kader Posyandu di setiap desa se-Kabupaten Benteng untuk kreatif.

Menurutnya, kader Posyandu merupakan ujung tombak pihaknya untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

\"Salah satu upaya yang dilakukan DPMD untuk memberdayakan masyarakat dibidang kesehatan adalah menumbuhkembangkan Posyandu. Ini perlu dilakukan bersama para Kader Posyandu, sebab kesehatan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat,\" jelas Yulia

Disampaikan Yulia, pelayanan kesehataan dasar di Posyandu adalah pelayanan kesehatan yang mencakup sekurang-kurangnya lima kegiatan, yakni kesehatan ibu dan anak (KIA), keluarga berencana (KB), imunisasi, gizi dan penanggulangan diare. Sebab itu, pihaknya berharap agar seluruh kader lebih kreatif dalam mengembangkan  kegiatan tersebut agar berjalan sukses.

\"Saat ini kegiatan Posyandu sudah mulai meningkat sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat. Misalnya, bina keluarga balita, pendikan anak usia dini (PAUD), ekonomi keluarga, koperasi, keagamaan, penyuluhan pengendalian penyakit-penyakit menular, prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), pertanian serta bidang lainnya. Banyaknya kegiatan ini, menuntut agar seluruh kader posyandu untuk kreatif,\" tambahnya.

Selain itu, ia juga meminta agar seluruh kader bisa bersikap pro aktif dan tidak hanya menunggu  bantuan ataupun suntikan dana dari Pemkab.

\"Masyarakat juga harus bisa berkreasi dan juga bisa memanfaatkan bantuan dana desa (DD) dari pemerintah pusat yang ada untuk mengembangkan fungsi Posyandu. Jangan hanya diam dan menunggu,\" tandasnya.(135)

Tags :
Kategori :

Terkait