Gerakan Membaca Serentak 75 Ribu Warga, Target Pecahkan Rekor MURI

Kamis 05-01-2017,09:20 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

KOTA MANNA, BE - Guna mewujudkan Bengkulu Selatan (BS) gemar membaca, Pemda BS bersama Kantor Perpustakaan dan Arsip BS bekerja sama dengan media di BS akan menggelar kegiatan membaca serentak yang melibatkan 75 ribu warga BS.

Kegiatan ini juga ditargetkan bisa memecahkan rekor MURI, yang kini masih dipegang Kota Surabaya Jawa Timur, dengan 68 ribu peserta.

“Selama ini rekor MURI membaca terbanyak dipegang Kota Surabaya dengan peserta 68 ribu, BS akan pecahkan rekor tersebut dengan peserta 75 ribu orang,” kata Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip BS, Hj Sri Gusti Sabana SH, kemarin (4/1).

Sri Gusti mengatakan, pelaksanaan pemecahan rekor MURI dengan pembaca terbanyak akan dilakukan diakhir Januari 2017 ini dengan lokasi sepanjang Jalan Sudirman mulai dari Simpang Rukis hingga depan Sekretariat DPRD BS Kecamatan Kota Manna. Adapun pesertanya mulai dari anak-anak, remaja dan para orang tua se-BS.

Sementara itu, Bupati BS, H Dirwan Mahmud SH mengaku mendukung gerakan pemecahan rekor MURI membaca terbanyak tersebut. Dirwan akan mengerahkan semua warga BS melalui seluruh kades dan lurah se BS untuk mengikuti kegiatan itu.

Sehingga setiap kades nanti wajib membawa warganya minimal 400 orang, sedangkan desa atau kelurahan yang dekat dengan kota minimal membawa 500 orang. “Saya minta dukungan semua pihak agar pemecahan rekor MURI membaca serentak terbanyak ini tercapai. Setiap kades saya wajibkan membawa warganya untuk ikut membaca 400 orang, khusus desa atau kelurahan yang dekat dengan kota minimal 500 orang,” ujarnya.

Menurut Dirwan, dengan jumlah penduduk di BS mencapai 1.700 jiwa di 142 desa dan 16 kelurahan, tidak akan sulit mengumpulkan 75 ribu peserta tersebut. “Jika semua desa dan kelurahan mendukung gerakan pemecahan rekor MURI ini, maka angka 75 ribu pembaca tidak akan sulit untuk terpenuhi,” tandas Dirwan.

Sementara itu, General Manager (GM) Harian Rakyat Bengkulu (RB) Pihan Pino; Deputi GM Bengkulu Ekspress, Suherdi Marabillie dan Deputi GM Radar Selatan, Sahri Senadi mengaku, siap mendukung program tersebut.

Mereka sepakat siap selalu mensosialisasikan kepada masyarakat melalui surat kabar masing-masing agar semua warga BS mengetahui program gerakan membaca tersebut.

“Sebagai mitra Pemda BS, kami media siap menyukseskan program ini dan selalu mensosialisasikanya kepada masyarakat,” ujar Pihan Pino diamini Suherdi dan Sahri saat menghadiri pembukaan pelatihan komputer di aula kantor Perpustakaan dan Arsip BS, Rabu (4/1). (369)

Tags :
Kategori :

Terkait