Suara Batal Melebihi Suara Pemenang

Kamis 22-12-2016,13:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

LEBONG UTARA,Bengkulu Ekspress - Ada yang menarik dalam proses pemilihan k0epala desa (pilkades) serentak di 65 desa di Kabupaten Lebong, kemarin (21/12). Di Desa Kampung Muara Aman suara batal melebihi dari suara calon kepala desa terpilih.

\"Ada tiga calon yang bersaing, untuk tanda gambar pisang memperoleh suara sebanyak 17 suara, kopi 334 suara dan kelapa 347 suara. Namun untuk suara batal sebanyak 412 suara dan ini lebih banyak dari suara pemenang,\" kata Plt Kepala Desa Kampung Muara Aman Henderlin kepada BE kemarin (21/12).

Calon kepala desa terpilih dengan tanda gambar kelapa hanya memperoleh suara sebanyak 347 suara sah, sedangkan untuk suara batal atau tidak sah sebanyak 412 suara. Jumlah surat suara sebanyak 1.331 surat suara, untuk sisa surat suara sebanyak 225 dan surat suara yang terpakai sebanyak 1.106.

Hasil pemungutan suara di masing-masing desa langsung dikirim ke panitia tingkat kabupaten secara berjenjang. Mulai dari panitia tingkat desa ke panitia Kecamatan dan dilanjutkan ke panitia Kabupaten.

\"Hasilnya dikirimkan hari ini juga (kemarin, red) dan dilakukan perekapan. Insallah besok (hari ini, red) hasilnya sudah bisa kita ketahui. Selanjutnya kita akan melakukan persiapan pembuatan SK,\" jelas Sekretaris Kabupaten Lebong Drs Firdaus MPd Firdaus menuturkan, jika dalam pelaksanaan pilkades terdapat komplain yang dilakukan secara tertulis, maka komplain tersebut ditindak lanjuti oleh tim sengketa yang terdiri dari unsur kejaksaan dan kepolisian. Sengketa pilkades itu diselesaikan paling lambat 26 Desember mendatang.

Pelantikan kades terpilih dilaksanakan pada 29 Desember mendatang. Hanya saja teknis pelantikannya dilakukan erentak di Kabupaten atau dilakukan di kecamatan masing-masing masih dikoordinasikan lebih lanjut.

Tak hanya masyarakat biasa, Bupati Lebong H. Rosjonsyah SIP MSi juga menyalurkan hak suaranya dalam pelaksanaan pilkades untuk Desa Sukau Datang I Kecamatan Pelabai. Setelah menyalurkan hak suaranya, Bupati Lebong dan Wakil Bupati Wawan Fernandez SH MKn langsung meninjau pelaksanaan pilkades. Dengan mengunjungi tempat pemungutan suara (TPS) di desa yang menggelar pilkades.

Bupati Rosjonsyah meminta, kepada seluruh cakades beserta pimpinan wilayah atau kecamatan yang melaksanakan pilkades tetap memantau situasi dan kondisi agar tetap aman dan kondusif. Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan agar segera berkoordinasi dengan aparat keamanan.

\"Apapun hasilnya nanti saya minta semunya agar menerima dengan legowo. Bagi yang belum terpilih diharapkan dapat menerimanya dengan lapang hati. Begitu juga yang menang jangan terlalu berbesar hati. Rangkul semua masyarakat termasuk calon lain untuk memajukan desa,\" ujar Rosjonsyah.(777)

Tags :
Kategori :

Terkait